Rabu, Desember 14, 2011

ALERGI DAN IMUNITAS

Alergi salah satu musuh bebuyutanku, kenapa tidak! Mulai kecil udah biduren, gatal-gatal kalo pas musim hujan yang dingin atau saat pancaroba. Gambar sebelah ialah saat saya dirawat di RS karena Sinusitis akut.

CTM dan beberapa obat antihistamin penghilang alergi jadilah sering di konsumsi sejak dulu. Faktor keturunan, ialah punya ke cenderungan kuat sebagai pembawa genetika pengidap alergi. Tidak ada obat kata dokter, yg ada ialah sedapat mungkin mengenali "alergen" nya dan menghindarinya.

Alergi juga bisa diminimalkan dengan mempertinggi daya tahan tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi, buah-buahan yang cukup. Suplemen kesehatan pun tak luput juga layak untuk dilirik, meskipun menambah budget keuangan keluarga yang tak sedikit. Imunomodulator pun/ peningkat imunitas byk beredar, mulai Stimuno, I'm boost yang dikonsumsi anak-anak hingga suplemen alergi yang harganya jutaan. Pernah kuliat, ada 100 butir per-botol suplemen alergi berharga 1.400.ribuan. WoW.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Sinusitis & Polip udah dikuras dari hidung ku, tapi Alhamdulillah gk bikin pesek. Hehe.. Penyakit ini gara-gara alergi pilek menahun, so hati-hati yang sering pilek ya. Operasinya sakit, nyiksa banget, dan muahal bisa menelan hampir 30 Juta. Alergi emang nyusahin. Penyakit rinitis alergi biasanya ditandai dengan bersin-bersin, hidung terasa gatal, hidung berair atau tersumbat dan sukar bernapas, sedangkan pada mata akan terasa gatal, kemerahan dan berair. Bila penyakit ini dibiarkan, kemungkinan akan berkembang menjadi sinusitis atau penyumbatan saluran sinus seperti yang pernah saya alami. Pengalaman operasi silahkan baca postingan saya disini

Salah satu kegemaran ialah konsumsi Jahe dan madu, Jahe dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh kita disamping suplemen multivitamin yang patut dikonsumsi. Kalo pingin repot tetapi hasil makin bagus, ya rajin2 bikin Jus Jeruk atau Jambu, karena buah kaya vitamin C dan antioksidan pencegah kanker ini mudah didapat di sekitar kita. Kalo madu, gak sangsi semua pastinya tentang khasiatnya kan. 1 kilogram madu sebanding dengan 50 butir telur kandungan energinya, belum lagi Kandungan gizi utama madu adalah aneka senyawa karbohidrat seperti gula fruktosa (41%), glukosa ( 35% ), sukrosa ( 1,9% ) dan dekstrin ( 1,5% ).

Masak Kecambah

Tadi saya masakin istri Kecambah Ikan Asin, karena kecambah ini kaya Gizi dan penuh misteri. Kandungan gizi dalam kecambah, kandungan vitamin A,B dan C-nya meningkat mulai dari 2,5 sampai 300 kali lipat. Aneh ya, padahal kan kecambah direndamama air doang, kok bisa naik kandungan Gizinya? rahasia ilahi.

Kecambah ikan asin cara buatnya gampang, dulu saya belajar masak saat bekerja di Balai Latihan Kerja,spesialisasi bidang tata boga.

Bahan :
Kecambah yang sudah dibersihan akarnya 500 gram
Bwg putih 4 siung dicincang halus
Bwg bombay 1/2 siung iris tipis.
Jahe 1 ruas jari, digeprek
Ikan asin potong korek api digoreng kering
Garam, gula,minyak untuk menumis.

Cara membuat:
Tumis jahe,bwg putih, bwg bombay, Masukkan kecambah,garam, gula dan ikan asin
Aduk sebentar 30 detik lalu angkat. (Gunakan api besar saat menumis)

Khasiat kecambah antara lain memperlambat proses penuaan, anti kanker, menambah kesuburan, dan memperlancar pencernaan.

Kandungan gizi pada kecambah antara lain : Energi 50,00 Ka, Protein 5,70g, Lemak 0,10g, Karbohidrat 10,00g, Kalsium 32,00mg, Fosfor 96,00mg, Serat 0,70g, Besi 1,10mg, Vit A1 3.00RE, Vit B10.13mg, Vit B2 0,15mg, Vit C41,00mg, Niacin 1,00mg

Tidak ada komentar: