Mahalnya Sekolah Anak Di Depok

Naadhira putri pertamaku skrg sekolah di sebuah SD Islam plus Darul Fudlolah di daerah Cibinong. Namun beberapa bulan lagi jika lancar kita akan pindahan rumah di daerah Depok tepatnya di daerah krukut mampang Depok. Nah.. kemarin coba coba saya tanya-tanya seputar sekolah yang katanya favorite didaerah seputaran  krukut ini. Mulai dari pinggiran Jakarta Selatan hingga Sawangan Depok.

Tahun ini pastinya Naadhira pindah sekolah ke daerah Depok. Tanya kebebrapa sekolah unggulan untuk soal pindahan disuruh menunggu hingga kuota ada, itupun tahu setelah kenaikan kelas nanti, (maybe, nunggu yg resign ato gak naik kelas). Dari hasil googling dan telpon ke sekolah-sekolah swasta yang ada di Depok, ternyata biaya uang masuknya sekarang sungguh sangat menghalangai orang yg berpendapatan rendah untuk masuk sekolah. Rata-rata SDIT/ SD Islam plus di wilayah Depok uang masuknya antara 5 s.d 25 Juta. 

Berikut biaya yang kudu disipain diawal, saya himpun dimana Sekolah pada cluster atas antara lain: 
SDIT Al-Hamidiyah-Sawangan, total dana yng perlu disiapin berkisar 16Juta.
SD Islam Dian Didaktika-Cinere, total dana yang perlu disipain Rp. 25Juta.
SD Islam Ar-Rahman-Cinere, sekitar 18 Juta.
SD IT Miftahul Ulum-Cinere, sekitar 13 Juta.
SD Islam Lazuardi-Cinere, sekitar 25 Juta.

Wah... lihat biaya diatas jadi puyeng juga ya. Apa iya sekarang pendidikan sngat mahal?
Beberapa sekolah SD swasta lain, yang berada di cluster bawah, masih berada dikisaran 3-5 juta untuk uang masuk pertamanya. Jadi, Kudu nabung dulu kalo mau mempersembahkan sekolah "mahal" pada anak. Tetapi apakah memang kualitas sebanding dengan besar dana yang kita keluarkan? Saya masih meng-imani "nggak selalu itu benar" masih banyak sekolah2 Negeri maupun Swasta yang tidak terlalu profit oriented. Memang, Guru-guru dan para staf sekolahnya perlu dana untuk penghidupan mereka. Sebuah dilematis memang.

Kalo sekolah Naadhira sekarang di SD Islam plus Darul Fudlolah, bertempat di Pabuaran, Cibinong, Bogor. biaya masuknya hanya sekitar 3 juta. Gedung milik sendiri, satu kelas ada 2 orang guru yang mengajar. Satu guru yang menerangkan dan satu orang guru keliling di dalam kelas membantu guru utama yang sedang menerangkan. Sore harinya juga penuh dengan kegiatan eskul antara lain jarimatika, taekwondo, melukis, pramuka dsb.

Menerawang soal biaya-biaya operasional sekolah swasta, misal di Sekolah SD tersebut punya 20 orang Guru dan Staf. Semuanya di Gaji UMR dech (kalo tega). UMR Jakarta sekitar 2 Juta. Maka pengeluaran untuk menggaji sebesar 40 Juta. Disamping itu ada biaya pemeliharaan sarana prasarana sekolah (listrik, air, gedung, pajak, dsb), saya buat 20 Juta/bln. Maka total biaya SD ialah 60Jt/Bln. 

Jika SD tersebut ada 6 kelas, dmn masing-masing kelas ada 20 murid sehingga jumlah murid kelas 1 s.d kelas 6 sebanyak 120 orang, maka biaya SD 60jt disebar (ditanggung) merata ke 120 siswa hasilnya tiap siswa menanggung biaya Rp. 500 ribu. Belum termasuk uang buku, praktek dll. Maka bisa jadi SPP Anak berada di kisaran Rp.600 ribuan. WoW... ! itupun para Guru nya hidup dengan gaji pas-pasan, seputar UMR, Lalu bagaimana peran pemerintah dalam hal ini?

Jika sekolah mahal, maka saya pikir slogan "orang miskin gak boleh sakit, orang miskin nggak boleh sekolah" ada benarnya dengan realita ini. 

Foto : Ayosekolah.org dan flickriver.com


Comments

afrida arfah said…
Terima kasih infonya pak. Kebetulan kami juga akan pindah dari banda aceh ke depok.
Saya juga bingung, kenapa uang pangkal dan spp bulanannya bisa mahal betul disana. Padahal di banda aceh banyak sekali sekolah negri yang bagus, jadi tak perlu ke swasta utk memasukkan anak sekolah.
Rencananya sih saya mau memasukkan anak ke MI karena disini juga di MIN. Tapi baru dapat satu gambaran MIN yg kabarnya bagus, MIN 8 srengseng sawah.
Maaf bru bisa bales.
gimana skrg udah di MIN?
gitulah Bu tentang sekolah di negara kita tercinta.

Kalo swasta ya memang ada hubungannya dengan profit disamping utk menggaji para pengajar.

Misal Guru yang baik kita bayar 5juta/ bulan. Kalo 1 kelas muridnya ada 20 maka setiap anak akan menanggung minimal 200 ribu/bulannya kan?


Itu baru Gaji guru wali kelas nya saja.
Belum Kepsek, Guru pendamping, tukang kebun, Tata Usaha, Satpam, dll.

Praktis utk penggajian mereka saja, sekolah butuh minimal 400 rb/ bln.

blm lg maintenance gedung, pengembangan gedung, listrik, air, dll
Admin said…
Assalamualaikum all,
Saya juga berniat memindahkan sekolah anak ke depok dari jember/jatim. Sama dengan ibu Afrida, anak saya juga di MI. Mudah2an dapat sekolah yang pas buat pendidikan Anak sbg investasi kita bersama...:)
Su Harto said…
MI plus Al-Muhajirin di jln nusantara Depok bs jd alternatif. Biaya relatif terjangkau, kualitas bagus.
Jamiat Deba said…
Masih ada kok sekolah yang biayanya rendah tapi kualitasnya juga cukup bagus.
Silahkan survey ke sekolah SDIT Al hikmah - Cipayung
Kemarin Survey biaya pendaftaran masih di bawah 5 jt. punya gedung sendiri, punya hanggar Olah raga, kelas satu dan kelas 2 sudah pake ruangan AC, katanya mungkin akan bertambah ruangan AC nya. Tempatnya memang agak terpencil, tapi untuk sekelas sekolah SDIT yang dari pagi sampe sore sekolahnya, biaya segitu sudah sangat Terjangkau... Satu kelas di pegang 2 guru.
Assalamu alaikum Pak Bambang,
Kami seklg ada rencana pindah ke Cibinong. Kalau sekolah Daarul Fudlola, bagaimana qualitas pendidikannya menurut Pak Bambang..

Jazakumullah Khairan Katsiran
//Sam
Admin said…
Terimakasih atas responnya, barokallah.
Darul Fudhola bagus...
satu kelas 2 guru
anak saya juga pernah sekolah disana sebelum kami peindah ke surabaya.
Sukses ya
Anonymous said…
Selain belajar di sekolah, perlu juga anak belajar percobaan sains mandiri seperti di profesorcilik.wordpress.com. Supaya ada variasi dalam kegiatan di rumah.
Anonymous said…
SD Islam Binakheir Depok bagus. Anak saya yang tadinya sedikit tantrum,, mulai membaik.. Sekarang sudah mulai bisa tenang dan terkendali.. Saya sebagai orang tua sangat berterima kasih pada guru-guru di Binakheir yang telah sabar mendidik anak saya.. Sekarang sepertinya ada pembukaan SMP Islam Binakheir. Saya akan mempercayakan kembali anak saya bersekolah disana. Karena kalau negeri belum tentu ada asisten guru yang bisa memperhatikan perkembangan keseluruhan anak.. Salut untuk kesabaran para gurunya
Anonymous said…
Alhamdulillah pak/ibu, kenyataannya gaji gurunya pada sekolah swasta tsb gaji guru yang tidak tetap masih di bawah 2 juta ...
PiPiT said…
Assalamu'alaikum...
Biaya masuk sd islam binakheir kira2 sekarang berapa ya?
Terimakasih atas informasinya
prince_Qtine said…
Malam.. Maaf Insya Allah tahun dpn ank sy mau masuk SD, adakah info SD d depok yg kualitasnya baik.. Sy lihat yg lokal negri d depok koq ngeri ya pergaulannya.. Ada info yg bagus tapi dgn harga yg tidak terlalu tinggi.. Sy tinggal d krukut depok.. Makasih
Dion A Hamid said…
Ass wr wb, Memang mencari ilmu itu mahal,perlu pengorbanan,soal sukses setelah lulus
SMA/MAN/SMK Atau S1,itu urusan nanti,lulus jd Perkerja Swasta/Negeri/Pengangguran/Ujungnya Dagang/Pedagang Kecil/Asongan,maka dari itu pemerintah tolong ditela'ah masalah ini,tentang biaya2 yg mahal ini,klo yg pengasilannya kecil belom lg klo punya utang banyak,akan tetapi kita butuh pendidikan yg baik,maka dari itu alangkah bijaknya cari sekolahan yg biayanya tidak mahal yg sesuai dengan kemampuan kita dan jangan takut sama egoisme gengsi karna itu bisa merugikan diri sendiri,sekian pandangan orang fakir Wass wr wb.
Dion A Hamid said…
Ass wr wb, Memang mencari ilmu itu mahal,perlu pengorbanan,soal sukses setelah lulus
SMA/MAN/SMK Atau S1,itu urusan nanti,lulus jd Perkerja Swasta/Negeri/Pengangguran/Ujungnya Dagang/Pedagang Kecil/Asongan,maka dari itu pemerintah tolong ditela'ah masalah ini,tentang biaya2 yg mahal ini,klo yg pengasilannya kecil belom lg klo punya utang banyak,akan tetapi kita butuh pendidikan yg baik,maka dari itu alangkah bijaknya cari sekolahan yg biayanya tidak mahal yg sesuai dengan kemampuan kita dan jangan takut sama egoisme gengsi karna itu bisa merugikan diri sendiri,sekian pandangan orang fakir Wass wr wb.
Vhivhi Soraya said…
Ass, maaf ada yg bs ksh info gk.. smp islam yg bertaraf internasional/sekolah islam yg memakai pengantar bhs inggris
Sy ingin menyekokahkn anak sy yg agama nya bgs tp yg memakai pengantar bhs inggris,,, di daerah sekitar cinere-depok. Tks
Sabar pak, mudah2an kita selalu diberikan rejeki yang halal dan berkah
Fajar Kinara said…
Oh ya pak, kalo saya boleh tanya,saya mau masukan anak saya ke SMA al-hasra depok yg kelas plus itu mahal ya pak?
Dan gimana kualitas sekolah nya ya pak...?
Terima kasih
Fajar Kinara said…
Oh ya pak, kalo saya boleh tanya,saya mau masukan anak saya ke SMA al-hasra depok yg kelas plus itu mahal ya pak?
Dan gimana kualitas sekolah nya ya pak...?
Terima kasih
Anonymous said…
Binakheir adalah sebuah sekolah dgn pendiri Prof. Dr. Quraish Shihab dan Lazuardi sebagai acuan dan penyelia dalam pembelajaran. Semoga anak-anak dan keluarga kita terhindar dari kekejaman syiah seperti muslim di dunia. Naudzubillah min dzalik
wahyu irma yani said…
Terima kasih atas info yang sangat bermanfaat, perkenankan kami dari www.simbandol.com
Grosir Sandal
Grosir Sepatu
Model Sandal
By 13.12.0027
dayu yusti said…
Assalamualaikum.mau nanya bapak/ibu sekolah SD islam yg bagus di daerah depok sawangan.karna sy mau pindah ke daerah sawangan mohon infonya.trima kasih wassalam
Anonymous said…
Saya sedikit kecewa dengan Binakheir school. setelah menempatkan anak saya di SD dan SMP, ternyata tidak seperti yang digadang-gadangkan. Jadwal pelajaran dalam satu semester dapat berubah-berubah, fasilitas yang didapatkan tidaklah setara. Tidak ada AC dan sarana lainnya yang mendukung. Hanya ada fasilitas outbound dan kantin di SD. Beberapa guru mengajar lebih dari 1 mata pelajaran padahal seharusnya Binakheir School mampu memberikan guru yang sesuai dengan mata pelajaran yang dikuasainya saat kuliah. Terlalu banyak aktivitas yang bukan bersifat akademik namun ujung-ujungnya siswa dibebankan uas dan UN.. Kapan waktu belajarnya?? Apalagi banyak sekali kegiatan di Binakheir. Adapun guru yang sudah S2 tidak menguasai bahasa inggris dan tidak menguasai mata pelajaran yang dipegangnya. Seharusnya level S2 sudah ekspert. Entah bagaimana Binakheir bisa merekrut guru tersebut. Saya akui guru tersebut cukup humoris dan disenangi anak-anak namun kalau mengajarnya gak bagus juga berpengaruh untuk nilai anak saya ketika akan UN.. Entahlah nasib anak saya.. Saya sangat kecewa menyekolahkan anak saya di Binakheir School. Menyesal namun mau bagaimana lagi?

Popular posts from this blog

MENGENAL TALENT MANAGEMENT SYSTEM

MENGENAL LAG & LEAD INDIKATOR SECARA SEDERHANA