Kamis, November 10, 2011

Mahalnya Operasi Sinusitis

Beberapa bulan lalu, saya memeriksakan diri ke RS Columbia Asia Medan tepatnya di spesialis THT. Hasil diagnosa harus segera Operasi Sinusitis&Polip, kata dokter spesialis dr. Sri Mela Tala,SP.THT-KL. Alamak jaang...Operasi...akhirnya ku iyakan aja. Mengingat kata dokter Sri, Sinus & Polip saya udah akut.

"Tapi dok, habis lebaran ya..." disambut anggukan dari Bu Dokter yg cantik ini ^_^. Sebulan kemudian, Pas sesuai janji, lebih kurang satu setengah bulan setelah lebaran tgl 7 Oktober, hari jumat kemarin saya berdua sama istri menghadap ke Bu Dokter dan langsung masuk RS (nginap) di hari Jumat itu juga karena esok harinya (Sabtu) operasi Sinus+Polip akan dilakukan. Saat itu juga kita bergegas ke Ruang pendaftaran, tepat Jam 12:00 sudah mendaftar dan menyerahkan berkas2 administrasi, termasuk kartu asuransi kesehatan MMC (Medan Medical Center), penanggung kesehatan dari perusahaanku bekerja.

Sabtu, 8 Okt 2011 mulai jam 13:00 - 15:30 operasi dilakukan, "membongkar abis" isi hidungku mengeluarkan nanah dan polip yg telah 75% menutupi sekitar Hidung. Dan,Setelah perawatan 3 hari, akupun diperbolehkan pulang.

Istriku pun di hari terakhir, pagi-pagi hari mulai berkemas dan setelah semua selesai, langsung menuju bagian administrasi untuk tandatangan berkas administrasi untuk proses akhir perawatan, sedangkan saya menunggu di kamar untuk persiapan pulang yang rencananya Selasa jam 2 siang sudah meluncur keluar RS.

"Abi... tahu gak berapa biaya operasi THT ini? ayo tebak? ? kata istriku sekembali dari ruangan administrasi RS.

"12 Juta? " jawabku.

"Eiiiiiich...salah, melebihi biaya Ummi Cessar anak kita kemarin, total biaya hampir 24 juta"

"OOOooouuch...mahal AMAT, DUA PULUH EMPAT JUTA?"

Nggak nyangka, Tetapi Alhamdulillah biaya kita ditanggung sama asuransi di perusahaan ku bekerja. Bayangkan kalo gak... waah bisa bedah rumah niih. Mengamati obat-obat yg dibawa pulangpun, bisa puyeng ngelihatin harga Obat-obatnya. hampir total 1 juta rupiah harga obat yg dibawa pulang ini.

Obat dikasih tuk perawatan dirumah:

Fexofed, Sporetik, Vectrin, Nasacort spray, Illadin spray, ....

Nach, kembali ke cerita awal. pada hari pertama saat saya masuk kamar RS, kita satu ruang dengan Pak Maman, karyawan PT. Agrincourt Resources (Tambang emas di daerah SUMUT). Beliau jatuh kecelakaan kerja dari trailer dan tanggannya patah. Alhamdulillah beliau ikut serta (oleh perusahaannya) dalam asuransi kesehatan Lippo,dimana salah satu provider RS nya ya RS Columbia Asia ini, termewah, termahal, terbaik sepenilaian saya ... RS tertop di kota Medan. bayangin kalo pak Maman gk ikutan Asuransi $#^!@#$.............

Dulu saya cuwek bebek dengan asuransi. Tapi sekarang... sudah mulai sadar, dan berusaha membantu saudara di kampung sono tuk ambil asuransi...yach cari premi yg murah aja dulu. DAN WAJIB, BUKAN SISTEM KLAIM/ BUKAN SISTEM REIMBURSMENT. Bayangin, kita sakit, lagi gk punya duit, datang ke RS, sama si RS nya diminta uang muka penanganan kesehatan. wah wah.... puyeng. Harus cari pinjeman.

Carilah asuransi kesehatan yang langsung sebagai providernya juga, saat sakit dan ke RS, cukup bawa kartu, dan tidak membayar sepeserpun sewaktu berobat, dan gk ada disibukkan aktivitas klaim biaya. Misal MMC Medan, inHealth, Lippo, AXA, dll (Maap cuma tahu ini).

1 komentar:

Anonim mengatakan...

http://www.apotekmodern.com/view.php?p=detail&detail=2468

Obat Sinus Akut. MEIACT 200 mg.