Sabtu, November 26, 2011

ATASAN IDEAL

Ada rekanan beberapa waktu lalu menanyakan tentang Bos atau atasan yang ideal seperti apa. Tanpa memikirkan jawaban yang sempurna dan terlampau teoritis saya coba menjawab secara gampangannya, Bos yang ideal adalah:

1. Senantiasa memberi masukan (Saran) dan pujian
2. Senantiasa memberi ilmu dan pelatihan yang sesuai mendukung mutu kinerja karyawannya
3. Senantiasa berkomunikasi dengankaryawan setiap saat

4.
Tidak melakukan diskriminasi terhadap suatu keyakinan atau pandangan karyawan.

Keempat hal ini merupakan yang paling sering diinginkan karyawan agar kinerjanya makin baik dan kepuasan kerjanya tinggi, komitmen pekerja-loyalitasnya juga makin ikhlas untuk di abdikan bagi institusi organisasi. Bukan tidak berdasar ke-4 hal diatas adalah yang dominan harus dipunya. Berdasar data & fakta dari beberapa thesis / skripsi/ jurnal yang saya baca tentang gaya kepemimpinan ideal umumnya karyawan ingin diperhatikan bagaimana ia bekerja, bagaimana performance nya secara fair diamati, diberi tanggapan atas prestasi dan penyimpangan yang terjadi secara dewasa dan tidak menjudge / menyalahkan karyawan sebagai sosok manusia, ada peluang untuk berkembang dan training untuk berkembang dan senantiasa memotivasi karyawan.

Selain 4 hal diatas, ada juga yang dihasilkan dari riset Astra terhadap praktek gaya kepemimpinan terbaik, yg dijelaskan pd postingan saya sebelumnya disini.

Perlu juga ada kemampuan memotivasi seorang Bos untuk mempertahankan-meningkatkan semangat karyawannya dengan beberapa cara, al:

  1. Positive reinforcement,
  2. Effective discipline/punishment,
  3. Treating people fairly, and
  4. Rewards based on job performance

Tidak ada komentar: