Performance Management Dashboard

Siapapun akan bekerja/ bermain dengan cara yang berbeda jika mereka tahu apakah mereka akan menang atau kalah, dan mereka akan melibatkan diri berjuang menuju kemenangan.

Coba bayangin, apa jadinya jika sebuah permainan gak ada papan score dan indikator lainnya tidak terpampang dengan jelas dan tidak pula mudah di baca? Para pemain tidak akan paham dan akibatnya tidak menyusun strategi yang berbeda dari sebelumnya karena score kualitas permainannya tidak diketahui.
Hasil gambar untuk papan score basket amerika

Dalam prinsip pelaksanaan pencapaian tujuan, dashboard communication adalah hal yang sangat penting. Hal ini untuk memastikan bahwa semua orang pemain mengetahui score nya setiap saat, tahu apakah mereka menang atau kalah dan mentriger mencari ide-ide baru.

Ada perbedaan yang tinggi terhadap pencapaian prestasi antara tim yang sekedar tahu lead dan lag indicator mereka sebagai sebuah konsep belaka, dgn tim yang benar benar memahami score mereka. Indikator Lead dan Lag harus diterjemahkan kedalam sebuah system komunikasi dashboard yang mampu memotivasi tim, terlihat jelas, dan diperbaharui secara berkala (mingguan).

Tim mesti mengetahui apakah mereka menang atau kalah. Jika tidak, maka mereka tidak akan tahu apa yang harus dilakukan untuk memenangkan pertandingan. Tanpa dashboard, semangat tidak terbangun, energipun habis melakukan hal yang tidak perlu, dan intensitas produktifitaspun meredam diri.
Hasil gambar untuk dashboard mobil Kata dashboard terinspirasi dari dashboard sebuah mobil yang memuat banyak informasi penting bagi kesuksesan kita mencapai tujuan. Ada kecepatan Km/jam, ada fuel indicator, ada RPM, dan lain lain. Hal ini mempermudah navigasi pengemudi karena memuat informasi yang mudah dimengerti dan updated real time. Maka dashboard mobil ini prinsip dasarnya dapat diaplikasikan dalam organisasi/ perusahaan. Apa yang perlu ditampilkan mungkin berbeda beda tiap perusahaan. Yang paling membutuhkan dashboard tersebut ialah pemain, oleh karena itu pastikan dashboard mudah dibaca oleh pemain guna memotivasi semangat anggota tim untuk mendapatkan score tertinggi.

Dashboard bukan hanya sebagai pemberi sinyal informasi belaka. Alat penyemangat tim, penyatu tekad semua pemain, pemompa adrenalin semangat kebersamaan. Saat tim merasa kelelahan, mulai galau dengan pencapaian yang ada  dan mereka perlu memompakan semangat yang baru. Saat angka kemenangan berpihak kepada tim, mereka saling pandang, tersenyum dan saling membagi kepercayaan setelah melihat dashboard yang menjadi penyampai pujian tanpa kata.

Biarkan mereka para pemain tahu dengan jelas, menghitung sendiri pencapaiannya bukan hanya berada didalam tangan sang pemimpin. Jika dashboard berisi data yang rumit, anda sendiri (pemimpin) yang menghitungnya maka pertandingan pemimpin jadinya.

Namun untuk mencapai kinerja karyawan yang paling maksimal, anda butuh dashboard pemain yang membuatnya menjadi pertandingan tim. Tujuan hakiki dashboard pemain ialah untuk memotivasi pemain untuk menang. Selayaknya sebuah permainan bisa dinikmati oleh setiap pemainnya, karena itu pastikan selalu ada informasi yang mengobarkan motivasi anak buah.

Ciri ciri dashboard yang baik ialah sebagai berikut, yang kita sebut 
MELUAS
MEmotivasi, Lengkap, Updateable, Accessible, Sederhana

1. MEmotivasi
Munculkan angka aktual, gap dari target dan waktu sisa yang tersedia untuk memenangkan pertandingan.

2. Lengkap terdiri 3 ukuran.
Terdiri dari main goal (tujuan akhir), lag indicator dan lead indicator. Misalkan
Contoh dalam suatu perusahaan jasa transportasi:
Tujuan utama ialah : Repeat order (Bertambah volume order)
Lag indicator : Barang dihantar tepat waktu
Lead indicator : Kecepatan rata-rata kendaraan melaju

Contoh dalam suatu restoran :
Tujuan utama ialah : Repeat order (Bertambah volume order)
Lag indicator : Makanan diterima cepat
Lead indicator : Order diterima dari meja tamu cepat diterima oleh bagian dapur

Dari 3 indikator (Goal utama, Lag, Lead) ditetapkan standard score spesifikasi, minimum dan maksimum serta target yang diharapkan.

3. UpdateableApakah kita memperbaharui dengan mudah? dashboard senantiasa diperbarui, sehingga para pemain lebih semangat. Jika tidak diperbaharui, menurunkan semangat tim karena mereka tidak mengetahui skor saat ini. Untuk di perusahaan disarankan di update secara mingguan, namun ini tergantung skor yang sedang dipantau, bisa tiap shift, harian ataupun bi-weekly.

4. Accessible
Pastikan semua pemain dapat melihat score, kapanpun dengan mudah. Pastikan informasi mampu dilihat oleh semua orang. Buat tampilan dashboard yang cukup besar dan attractif sehingga setiap orang suka melihatnya dan tidak jemu untuk melihat pencapaian terkini.


5. Sederhana
Pastikan angka angka dapat dipahami dalam waktu 5 detik, untuk menyimpulkan apakah kita menang atau kalah. Apakah perlu berjuang lebih gigih? apakah sudah tertinggal jauh?. Pastikan sederhana mudah dimengerti.


Jadi dalam prinsip dashoboard communication, lets DO:
1. Pastikan tim terlibat dalam proses pembuatan dashboard
2. Dashboard memantau 3 indikator, Tujuan utama, Lead dan Lag indikator.
3. Lengkapi dashboard dengan penjelasan, ukuran, dan grafik pencapaian.
4. Buat grafik yang memperlihatkan angka aktual dan target, sehingga seluruh tim tahu dimana posisi kita sekarang dan dimana seharusnya berada.
5. Dalam 5 detik semua pemain paham mereka sedang kalah atau menang.
6. Dashboard harus diperbaharui dan dipasang di tempat yang mudah dilihat oleh seluruh anggota tim.


Hasil gambar untuk dashboard mobil
Referensi bacaan:
4DX stephen covey & The 5 Principles of Excellence Executiin Berny Gomulya.

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA