Penyebab Kegagalan Implementasi Blanced Score Card (BSC)

Hambatan dominan adalah kegagalan dalam menyusun peta strategi. Kaplan norton menyatakan bahwa strategi tidak dapat dijalankan jika tidak dapat dipahami, tetapi strategi juga tidak bisa dipahami bila tidak digambarkan/ divisualisasikan dan dikomunikasikan intens ke segenap karyawan.
Dari pengalaman pribadi dan kajian dari berbagai perusahaan yg mengimplementasikan BSC, setuju apa yang dipaparkan kaplan Norton, bahwa ada 4 hal yg membuat BSC terseok dan tdk dpt membuktikan diri berhasil memajukan bisnis.

Beberapa hambatan implementasi Balanced Score Card ialah

Hambatan Sumberdaya (Resourcess Barier)
Sumberdaya waktu, energi, dan budget (money)organisasi tidak dialokasikan pada hal-hal yang penting dan strategis bagi organisasi. Sebagai misal, anggaran tidak dikaitkan dengan strategi organisasi sehingga biaya tidak "nendang" langsung pada visi misi akhirnya menghasilkan pemborosan sumberdaya.
Berdasarkan survei, sekitar 60% dari organisasi tidak mengaitkan anggaran kepada strategi perusahaan.
Beberapa Strategy improvement yang perlu diterapkan:
Turunkan sasaran strategis yang mau dicapai dalam target tahunan, 3 tahunan ataupun 5 tahunan. Dan tetapkan inisiatif yang akan dilakukan disertai anggaran yang dibutuhkan. Masukkan biaya dalam anggaran Stratex (Strategy expenditure), keluarkan dari operational expenditure (Opex).

Hambatan Manajemen (Management Barrier)
Hambatan yang membuat BSC gagal juga berasal dari manajemen itu sendiri karena terlalu sedikit mengabiskan waktu untuk membahas strategi organisasi dan terlalu banyak menghabiskan waktu pada pembuatan keputusan yang sifatnya taktis jangka pendek (Short term thinking)
Berdasarkan survei, sekitar 86% dari tim eksekutif menghabiskan waktu kurang dari 1 (satu) jam per bulan untuk mendiskusikan strategi organisasi.

Beberapa Strategy improvement yang perlu diterapkan:
Tetapkan strategy jangka panjang, turunkan ke inisiatif tahunan sebagai roadmap mencapainya. Lakukan catch ball process, misal memakai metode Hoshin Kanri atau strategy deployment. Target tahunan dicapai dengan segenap aktifitas, dijadwalkan secara mingguan/bulanan untuk penyelesaiannya dan review progress nya secara ketat (Daily/Weekly/Monthly) untuk review activity mencapai target tahunan. Secara kuartal mereview "Lagging" indicator utamanya Financial perspectives.

Hambatan Visi (Vision Barrier)
Dalam prakteknya, gak banyak orang dalam organisasi yang memahami atau mengerti visi dan strategi dari organisasi mereka.
Berdasarkan survei, hanya sekitar 5% dari karyawan yang memahami visi dan strategi organisasi.
Beberapa Strategy improvement yang perlu diterapkan:
Bangun dashboard visual management dan media publication. Lakukan pertemuan kesegenap karyawan (level kepala seksi/departemen hingga tingkat senior manajemen) untuk mengkomunikasikan strategy. Bentuk fungsi (Departemen) diluar struktural untuk memfasilitasinya, seperti pembentukan Departemen Office Strategy Management (OSM).
Hambatan Orang (People Barrier)
Banyak orang dalam organisasi memiliki tujuan kegiatan yang tidak terkait dengan strategi organisasi dan sebagian lainnya tidak sangat engaged/ termotivasi untuk mencapai tujuan terkait dengan strategy.
Berdasarkan survei, hanya sekitar 25% dari manajer yang memiliki insentif terkait dengan strategi perusahaan mereka. Artinya, organisasi tidak menghubungkan pencapaian kinerja dengan sistem reward dan punishment. Akibatnya, karyawan tidak memiliki motivasi yang memadai untuk meningkatkan kinerja.

Beberapa Strategy improvement yang perlu diterapkan:
Buat sistem penghargaan berdasarkan kinerja terhadap pencapaian sasaran baik secara tim maupun secara individu. Integrasikan dalam sistem Compensation and Benefits (C&B). Bangun talent management dan buat sistem penghargaan khusus untuk orang-orang talented yang berkinerja bagus, high potential dan menjunjung perilaku dan etika organisasi.

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA