Kamis, Juni 12, 2014

CHANGE AGENT CONTINUOUS IMPROVEMENT

Besok (13-14 Juni 2014) rencananya saya akan mengisi pelatihan para Agen Perubahan/ Change Agent, untuk membantu menumbuh kembangkan budaya Continuous Improvement disebuah perusahaan pelayaran tempat saya mengais rezeki saat ini. Bertempat di bilangan jalan Kertajaya bersama 30 para calon Change Agent yang dipilih oleh dewan Direksi.
 
Pengertian Agen Perubahan (Agent of Change) :
Adalah individu atau seseorang yang bertugas mempengaruhi target / sasaran perubahan/ Change Target,
agar Change target mengambil keputusan sesuai dengan arah yang dikehendaki oleh Change Agent/ Perusahaan.

Peran Agen Perubahan:
Agen Perubahan menghubungkan antara sistem baru/ Nilai prilaku baru/ pola pikir baru, dll dengan kondisi saat ini yang menjadi target
perubahan. Kemampuan krusial sebagai Agen Pengubah ialah keterampilan komunikasi sebagai alat strategis bagi tercapainya suatu
perubahan di SPIL, sehingga dapat dikatakan fondasi kesuksesan Change Agent ialah Communication Skill. Seorang Agen Perubahan sebagai role model (panutan) bagi individu-individu disekitarnya bahkan menjadi narasumber/ rujukan terhadap suatu tindakan.

Kompetensi Agen Perubahan:
1. High analytical thinking
2. Fast learning
3. Influencing
4. Team Work

Sederhananya,
Change Agent Improvement mempunyai kemampuan analisa yang tinggi, pendengar yang baik, mediator yang cakap, open mind, arsitek/ conceptor, mampu menjadi guru/ pelatih, memahami dan kekeh pada tujuan akhir, dan mampu mendeskripsikan kegiatan untuk mencapai tujuan. Dia haus akan ilmu dan semangat untuk berbagi. Dia juga coach yang bijak, memahami cara berkomunikasi yang dapat merangkul semua pihak. Dia juga Respek terhadap semua orang dan jika berdekatan dengannya, orang lain akan nyaman dan bahagia bersamanya.

Filosofi bekerja Change Agent:
Dia memandang bahwa Kerja adalah Rahmat; Dia Bekerja Tulus Penuh Rasa Syukur.  Pandangannya pada pekerjaan adalah Amanah; dia Bekerja Benar Penuh Tanggungjawab. Dia Bekerja Tuntas Penuh Integritas, karena baginya Kerja adalah Panggilan. Kerja adalah Aktualisasi; Dia Bekerja Keras Penuh Semangat. Dia Bekerja Serius Penuh Kecintaan karena Kerja adalah Ibadah. Dia Bekerja Cerdas Penuh Kreativitas, karena baginya kerja adalah seni. Kerja adalah Kehormatan; Dia Bekerja Tekun Penuh Keunggulan dan terakhir pandangannya ialah Kerja adalah Pelayanan; Dia Bekerja Paripurna Penuh Kerendahanhati.

Salam perubahan,


Tidak ada komentar: