Jumat, September 20, 2013

Kunci Utama Employee Engagement


Ada studi terbaru Penelitian dari MSW dan Dale Carnegie yang melakukan eksplorasi apa saja yang menjadi pendorong utama employee engagement


Dirilis pada bulan Oktober 2012, penelitian kepada 1.500 karyawan secara nasional (Amerika). Menyimpulkan ada tiga pendorong utama :





  1. Hubungan dengan atasan langsung (Harmony)
  2. Percaya pada kepemimpinan senior (Thrust)
  3. Kebanggaan dalam bekerja bagi perusahaan (Pride)

Studi ini menyatakan;
"Sikap dan tindakan dari atasan langsung dapat mempengaruhi keterlibatan karyawan atau dapat menciptakan suasana hati seorang karyawan menjadi nggak Nyaman (Bahasa jawanya Jengah), engaged yang rendah. Selain itu, Jika karyawan percaya pada kemampuan kepemimpinan senior untuk menerima saran mereka, memimpin perusahaan ke arah yang benar dan terbuka dan mengkomunikasikan keadaan organisasi secara jelas adalah salah satu kunci dalam Employee Engagement"

Maka fokusnya ialah pada pola hubungan manajerial yang positif antara atasan-bawahan, kepercayaan dan komunikasi yang jujur. Employee Engagement sering dipandang sebagai hal yang tidak terlalu diperhitungkan, tetapi nyatanya Team Work, Turn Over karyawan dan Produktifitas sangat berkorelasi terhadap kualitas Engagement.

Di lain hal, hasil riset dari Aon Hewitt, ada 5 top drivers employee engegement di Asia. Yaitu:
1. Career Opportunities
2. Brand Allingment
3. Recognition
4. Pay (Compensation & Banefits)
5. HR Practices/ People

Tidak ada komentar: