Performance Management

Manajemen kinerja adalah proses menciptakan lingkungan kerja atau pengaturan kerja di mana orang di-setting untuk dipacu melakukan pembuktian nyata dari segala potensi dirinya. Manajemen kinerja adalah sistem kerja secara menyeluruh yang dimulai dari mendefinisikan pekerjaan, sasaran, tujuan dst hingga berakhir ketika seorang karyawan berucap Sayonara dari organisasi Anda. Sebuah sistem manajemen kinerja meliputi tindakan berikut;

* Mengembangkan deskripsi pekerjaan secara jelas; utamanya ukuran hasil kinerjanya.
* Dalam merekrut, pilih orang yang tepat dengan proses seleksi yang tepat pula.
* Merumuskan persyaratan dan standar kinerja berbasis prestasi, hasil, dan tindakan.
* Memberikan orientasi yang efektif, pendidikan, dan pelatihan.
* Sediakan program pembinaan dan umpan balik; coaching-mentoring system.
* Melakukan diskusi pencapaian kinerja secara periodik; per 3 bulan/ semesteran.
* Desain kompensasi yang efektif dan sistem pengakuan dalam program rewards orang atas kontribusi mereka.
* Memberikan peluang pengembangan promosi / karir untuk staf.
* Membantu dengan 'exit Interview/ wawancara orang yang resign untuk memahami MENGAPA karyawan yang telah dihargai/ telah ada sistem penghargaan tetapi tetap meninggalkan organisasi.

5 Tahapan Performance Management


1-Performance Planning, 
2-Performance Review & Evaluation, 
3-Performance Conference & Feedback, 
4-Improvement & Development Planning, and 
5-Recognition, Rewards, & Sanctions.

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA