Senin, Maret 26, 2012

SAHABAT ANDA MEMPENGARUHI KUALITAS HIDUP ANDA

Pendapatan anda adalah sama dengan jumlah pendapatan 5 orang rekan sepergaulan anda yang dirata-ratakan. Sederhanaya begini, si Tomy bergaul dengan Agus, Andre, Siti, Eko dan Sirait. Jumlah pendapatan Kelima orang ini adalah 10 Juta rupiah, sehingga rata-ratanya ialah 2 juta rupiah. Jadi pendapatan si Tomy bisa ditebak tidak akan terlalu jauh dari angka 2 juta rupiah. Jadi gimana dengan anda? Coba anda buktikan sendiri dan saya pribadi dulu pernah melakukannya dan pendapat dari Robert T Kiyosaki ini nggak jauh dari hasil perhitungannya. Lima kawan terdekat saya dulu (tahun 2001) mempunyai pendapatan rata-rata 1,5 juta rupiah per bulannya dan ini sama dengan pendapatan saya yang 1,4 juta rupiah, malah lebih rendah dikit seratus ribuan.

Pendapat Robert T Kiyosaki tentang hal ini ialah mengajarkan kita untuk senantiasa mengembangkan relasi, persahabatan. Tahun kemarin kita punya kawan semuanya para teknisi dan Operator saja, nah tahun depan kita kembangkan berteman akrab dengan para Manager dan diatasnya. InsyaAllah ada nular tuh energi dan aura positifnya, minimal pola pikir dan ilmunya banyak kita serap. Saya nggak bermaksud menggurui, ini juga dari hasil pengalaman saya. Kalo dulu saat menjadi supervisor, nggak bakal tahu tentang Neraca, BSC, KPI dan pengetahuan managerial lainnya. Nah, saat bergaul dengan mereka, meski awalnya agak O'On dikit (bego maksudnya), otak ini terbersit untuk "menyamai nya dengan cara mencari bahan bacaan untuk menjelaskan apa yang para rekan2 saya sampaikan. Dulu kalo ngobrol di Kos / Housing atau di Pabrik, obrolannya banyak berkisar keluh kesah. Lebih banyak melihat apa yang kita dapat dari perusahaan ini, ya Gaji, keluhan fasilitas, keluhan pemberdayaan, nggak pernah dilatih, dicuekin atasan dan segala tetek bengek keluh kesah. Saat ngobrol dengan para manager, setelah saya kembangkan pertemanan, obrolannya berbalik 180 derajat. Lebih banyak memikirkan apa yang bisa kita berikan/ sumbangsihkan, pikirannya selalu positif dan semangat. Juga obrolan mengenai hobi dan bisnis-bisnis kecil kecilan. Sangat jarang obrolan tentang keluhan "apa yang kita dapat ya".


Jadi point akhirnya, ialah pertemanan mempengaruhi karir dan kualitas mental kita. But..hati hati juga memilih kawan, jangan sampai malah meracuni kita dengan sikap mental negatif seperti:
- Suka mengeluh - Sering iri melihat kawan beruntung - Sering "ngrasani" ngomongin jelek rekan sejawat ataupun atasan kita - Dengki - Sok jago seperti komentator bola, nah kalo suruh main pastinya lari - Sering menyelahkan pihak lain/ diluar dirinya dan nggak pernah instrospeksi dulu mencari sebab dari akibat yang kita dapatkan. Pingin jadi Ulama? bergaulah dengan para Ulama. Pengin dapet pendidikan S2 atau S3? Bergaulah dengan mereka mereka yang berpendidikan S2/S3. Just doit, improve your network!

Tidak ada komentar: