Selasa, Maret 27, 2012

8 TIPS SUKSES MENGAWALI KARIR

Apa saja kualitas personal yang harus kita miliki untuk bisa sukses dalam mengawali karir? Berikut ini ada 8 hal yang harus kamu ikuti dan perhatikan.

#1. Ask for Help, Ready to Take Charge. Kalau kamu sedang mengawali karir maka jangan gentar untuk selalu minta tolong kepada bos atau rekan. Kebanyakan bos menyukai anak buah yang aktif bertanya untuk hal-hal yang tidak dia ketahui. Lebih baik bertanya daripada diam tapi pekerjaan tidak beres. Tapi begitu kamu sudah jelas harus melakukan apa, maka kamu harus berani ambil peran dan ambil tanggung jawab.

#2. Know Your Boss. Ketahuilah apa yang dibutuhkan bos. Jika kamu tahu prinsip, keyakinan, dan cara kerja bosmu. Dan dari situ arahkan pola kamu bekerja mengacu kepada apa yang diyakini dan dikerjakan oleh bosmu.

#3. Relationship, Reationship, Relationship. Secerdas dan segenius apapun kamu, tak akan ada gunanya jika kamu tidak bisa menjalin relationship dengan bos maupun rekan kerja. Hubungan yang baik adalah salah satu kunci penting promosi kamu. Jaga hubungan baik, tampil keren dan ceria di antara rekan kerja, dan ingat jangan ikut-ikutan politik kantor.

#4. Don’t Watch the Clock. Jangan terlalu berhitung dengan waktu kerja. Kalau memang pekerjaan bertumpuk dan kamu terpaksa harsu kerja lembur sampai larut malam. Lakukanlah dengan keceriaan. Kerja ekstra keras akan menjadi picu bos melirik Anda sebagai pemula.

#5. Know When to Go. Kerja berpindah-pindah terlalu cepat tidak baik. Enam bulan pindah, satahun pindah, kurang baik karena kamu belum mendapatkan pengalaman cukup dari posisi itu. Yakinkan diri bahwa kamu sudah mendapatkan cukup pengalaman sebelum kamu pindah ke nposisi berikutnya.

#6. Think “Win-Win”. Banyak karyawan yang melihat hubungannya dengan perusahaan bersifat “bermusuhan”. Mereka cenderung tidak peduli, bahkan antipati terhadap perusahaan. Ketika ngobrol dengan pihak luar seringkali mereka menjelek-jelekan perusahaan. Ini tentu kontrproduktif. Jalin hubungan win-win yang mesra, anggap perusahaan sebagai sebuah keluarga besar yang saling membantu dan saling berkontribusi. “Right or wrong my company”.

#7. Think Like Your Employer. Pelajari dan kemudian perfikirlah seperti pemilik perusahaan dimana kamu bekerja. Yang terpenting kamu harus tahu bagaimana padangan si pemilik dalam menyikapi dan memperlakukan karyawan. Dengan menempatkan diri dari kaca mata pemilik maka kamu akan lebih mudah memahami kebijakan dan praktek perusahaan dalam meperlakukan karyawan.

#8. Be Flexible. Jangan pilih-pilih pekerjaan, kalau bisa apapun pekerjaan yang diminta bos bisa kamu lalap. Bos paling frustasi kalau mendengar anak buahnya bilang: “ini bukan pekerjaan saya”. Harus diingat di masa-masa awal kerja pekerjaanmu adalah apapun pekerjaan yang diminta bos, tanpa pandang bulu.

sumber: http://caringcareer.caringcolours.com

Tidak ada komentar: