468x60 Ads


STRUKTUR JOB DESCRIPTION

Dari pengalaman langsung di beberapa perusahaan dalam 10 tahun terakhir. Deskripsi Pekerjaan (Job Desc) saya tetapkan yang terbaik terdiri dari:

1. Uraian tugas (Tanggungjawab, Wewenang, dan Otoritas)
2. Indikator kesuksesan (Ukuran kinerja)

3. Kompetensi yang harus dimiliki (Hard & Soft skill)

4. Spesifikasi jabatan (Pendidikan, Pengalaman)
5. Struktur organisasi



Contoh:



Job Desc HRD Manager

1. Deskripsi tugas

Menyusun strategi dan kebijakan pengelolaan SDM di perusahaan berdasarkan strategi jangka panjang dan jangka pendek yang telah ditetapkan sesuai dengan peraturan pemerintah yang berlaku agar diperoleh SDM dengan kinerja, kapabilitas dan kompetensi yang sesuai dengan yang diinginkan perusahaan.

Menyusun rencana kerja dan anggaran bagiannya sesuai dengan strategi, kebijakan dan sistem SDM yang telah ditetapkan untuk memastikan tercapainya sasaran bagian SDM.

Mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan fungsi SDM di seluruh perusahaan untuk memastikan semuanya sesuai dengan strategi, kebijakan, sistem dan rencana kerja yang telah disusun.

Mengkoordinasikan dan mengontrol anggaran bagian SDM agar digunakan dengan efektif dan efisien sesuai dengan rencana kerja.

Mengarahkan, menganalisa dan mengelola praktek dan prosedur remunerasi untuk memastikan paket remunerasi yang ditetapkan perusahaan kompetitif, sejalan dengan praktek industri, sesuai kemampuan finansial perusahaan dan adil secara internal.

Mengkoordinasikan dan mengontrol penyusunan dan pelaksanaan program pelatihan dan pengembangan, termasuk identifikasi kebutuhan pelatihan dan evaluasi pelatihan, untuk memastikan tercapainya target tingkat kemampuan dan kompetensi setiap karyawan.

Merencanakan kebutuhan tenaga kerja sesuai dengan perkembangan organisasi, serta mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan kegiatan rekrutmen dan seleksi untuk memastikan tersedianya tenaga kerja yang dibutuhkan sesuai dengan permintaan dan kualifikasi yang diinginkan dalam jangka waktu yang telah disepakati.

Menyusun sistem manajemen kinerja, serta mengkoordinasikan dan mengontrol pelaksanaan siklus manajemen kinerja, mulai dari perencanaan, pembimbingan, sampai dengan penilaian kinerja, untuk memastikan tercapainya target kinerja individu, unit, maupun perusahaan.

Mengelola dan mengontrol aktifitas administrasi kantor, kepersonaliaan, dan sistem informasi SDM untuk memastikan tersedianya dukungan yang optimal bagi kelancaran operasional perusahaan

2. Indikator kinerja

1. Strategi dan kebijakan SDM

2. Rencana kerja

3. Anggaran

4. Tingkat compliance

5. Budget variance

6. Sistem remunerasi

7. Tingkat daya saing remunerasi

8. Program pelatihan dan pengembangan

9. Jam pelatihan per orang

10.Rasio pemenuhan kompetensi

11.Rencana tenaga kerja

12.Jangka waktu proses rekrutmen

13.Rasio penyediaan terhadap permintaan tenaga kerja

14.Sistem manajemen kinerja


3. Spesifikasi Jabatan:

Latar belakang pendidikan dan pengalaman :

1. Pendidikan teknis minimum S-1 dalam bidang manajemen, hukum atau psikologi.

2. Pemahaman mengenai peraturan ketenagakerjaan di Indonesia

3. Kemampuan dalam bernegosiasi dan berkomunikasi

4. Pengalaman sekitar 5 - 8 tahun variabel dalam mengelola unit kerja SDM di industri keuangan, consumer goods, atau manufacturing.

4. Kompetensi :

Soft:

1. Kepemimpinan.

2. Integritas (dapat menjadi role model)

3. Analytical thinking

4. Kerjasama


Hard:

1. Menguasai bahasa inggris & mandarin

2. Menguasai komputer office

3. Memahami human resources management dan hal pendukung lainnya

4. Memahami Six Sigma atau TQM


5. Organisasi struktur

(Gambar diagram struktur organisasi perusahaan dan memperlihatkan letak jabatan ini)

0 Pendapat Sobat::