PENGHARGAAN PERUSAHAAN KELAS DUNIA DENGAN MALCOLM BALDRIGE

Ada 7 kriteria yang dinilai dan dijadikan acuan dalam mengelola kinerja perusahaan, yaitu:
(1). Kepemimpinan (Leadership)
(2) Perencanaan Strategis (Strategic Planning)
(3) Fokus pasar dan pelanggan (Market and Customer Focus)
(4) Informasi dan analisis (Information and Analysis)
(5) Fokus sumber daya manusia (Manpower Fokus)
(6) Manajemen Proses (Process Management)
(7) Hasil-hasil bisnis (Business Results)

Sistem manajemen kualitas MBPE (Malcolm Baldridge Performance Excellence) diperkenalkan dan diterapkan sebagai guideline bagi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang unggul atau excellence dalam era persaingan global ini.

Sistem ini pertama sekali diciptakan oleh US Congress pada tahun 1987 dibawah Public Law 100-107, sebagai penghormatan kepada Malcolm Baldridge, Commerce Department Secretary, yang meninggal dunia pada tahun 1987.

Penghargaan MBNQA (Malcolm Baldridge National Quality Award) diberikan setiap tahun kepada berbagai organisasi dan perusahaan yang diserahkan langsung oleh Presiden Amerika Serikat. Saat ini MBNQA berada dibawah tanggungjawab the National Institute of Standards and Technology (NIST), Departemen Perdagangan AS.

Berdasarkan peninjauan secara seksama terhadap 20 perusahaan yang memiliki skor tertinggi untuk kriteria MBPE ini, diperoleh kesimpulan bahwa ada 6 faktor kunci yang sangat besar kontribusinya pada peningkatan performa atau keunggulan kinerja perusahaan, yaitu antara lain:
(1) fokus pelanggan,
(2) kepemimpinan manajemen senior,
(3) keterlibatan dan pemberdayaan karyawan,
(4) kultur perusahaan yang terbuka,
(5) pembuatan keputusan berdasarkan fakta, dan
(6) kemitraan dengan pemasok.

Kalo keenam diatas ada dalam perusahaan kita, pastinya "excellence" dan dapat meraih dengan mudah MBNQA AWARD dari Presiden Obama nantinya.

Penerapan Metoda malcolm Baldrige oleh PLN

Bagaimana PLN mengorganisasikan penerapan Kriteria Baldrige secara ‘company wide’ untuk menggerakkan perbaikan yang menyeluruh di perusahaan
  1. Implementasi Malcolm Baldrige secara strategis menjadi salah satu KPI (Key Performance Indicator) Direksi, sebagai indikator komitmen Direksi dalam implementasi MB
  2. Malcolm Baldrige secara konsisten telah diimplementasikan sejak tahun 2007 di PLN. Dalam pengembangannya telah dilakukan asesment sampai ke tingkat Unit Operasional melalui penerapan PLN Quality Award untuk seluruh Unit.
  3. Bagaimana Kriteria Baldrige mampu menggerakkan kinerja menyeluruh perusahaan dalam konteks menghadapi tantangan bisnis saat ini dan akan datang
  4. Tantangan bisnis PLN saat ini dan akan datang melalui Program PLN Golden Year 2012 terkait masalah sustainability perusahaan ke depan
  5. Langkah atau inisiatif strategis PLN adalah melalui 4 (empat) pilar kebijakan strategis: Perangi padam (kecukupan daya), Mengatasi daftar tunggu, Berantas Korupsi, Peningkatan Efisiensi
  6. Lesson learn pengalaman PLN menerapkan Kriteria Baldrige untuk meningkatkan kinerja perusahaan
  7. Pengalaman MB telah memberikan dampak positif kepada seluruh jajaran PLN dan mampu menginspirasi untuk memunculkan ide kreatif dan inovasi serta langkah-langkah terobosan (breakthrough) dalam meningkatkan kinerja perusahaan

Keterangan dari kriteria Baldrige adalah sebagai berikut :

1. Leadership:

menjelaskan bagaimana ek-sekutif senior membimbing organisasi dan bagaimana organisasi bertanggung jawab kepada publik, dan melatih menjadi warga negara yang baik.

2. Strategic planning:

menjelaskan pengaturan strategi organisasi dan menentukan perencanaan tindakan.


3. Customer and market focus:

menjelaskan penentuan kebutuhan organisasi dan keinginan pelanggan dan pasar; membangun hubungan dengan pelanggan; dan memperoleh, memuaskan, dan mempertahankan pelanggan.

4. Measurement, analysis, and knowledge management:

menjelaskan manajemen, penggunaan efektif, analisis, dan peningkatan data dan informasi untuk mendukung proses kunci organisasi dan sistem manajemennya.

5. Human resource focus:

penjelasan mengenai pemanfaatan tenaga kerja untuk mengembangkan seluruh potensi dan penyusunan sasaran organisasi.

6. Process management:

menjelaskan aspek - aspek kunci perancangan, manajemen, dan peningkatan proses produksi/ pengiriman dan proses pendukung.

7. Business results:

menjelaskan peningkatan dan performa organisasi dalam area bisnis: kepuasan pelanggan, performa lokasi pasar dan keuangan, sumber daya manusia (SDM), performa supplier dan partner, kinerja operasional dan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat; dan menjelaskan performa organisasi menghadapi pesaing.

Beberapa perusahaan yang pernah menerima penghargaan ini antara lain:

  1. 2005—Sunny Fresh Foods, Inc., Monticello, Minn.; DynMcDermott Petroleum Operations, New Orleans, La.; Park Place Lexus, Plano, Texas; Richland College, Dallas, Texas; Jenks Public Schools, Jenks, Okla.; and Bronson Methodist Hospital, Kalamazoo, Mich.
  2. 2004—The Bama Companies, Texas Nameplate Company, Inc., Kenneth W. Monfort College of Business, Robert Wood Johnson University Hospital Hamilton
  3. 2003—Medrad, Inc., Boeing Aerospace Support, Caterpillar Financial Services Corp., Stoner Inc., Community Consolidated School District 15, Baptist Hospital, Inc., and Saint Luke’s Hospital of Kansas City
  4. 2002—Motorola Inc. Commercial, Government and Industrial Solutions Sector, Branch Smith Printing Division, and SSM Health Care
  5. 2001—Clarke American Checks, Incorporated, Pal’s Sudden Service, Chugach School District, Pearl River School District, and University of Wisconsin-Stout
  6. 2000—Dana Corp.-Spicer Driveshaft Division, KARLEE Company, Inc., Operations Management International, Inc., and Los Alamos National Bank
  7. 1999—STMicroelectronics, Inc.-Region Americas, BI, The Ritz-Carlton Hotel Co., L.L.C., and Sunny Fresh Foods
  8. 1998—Boeing Airlift and Tanker Programs, Solar Turbines Inc., and Texas Nameplate Co., Inc.
  9. 1997—3M Dental Products Division, Solectron Corp., Merrill Lynch Credit Corp., and Xerox Business Services
  10. 1996—ADAC Laboratories, Dana Commercial Credit Corp., Custom Research Inc., and Trident Precision Manufacturing Inc.
  11. 1995—Armstrong World Industries Building Products Operation and Corning Telecommunications Products Division
  12. 1994—AT&T Consumer Communications Services, GTE Directories Corp., and Wainwright Industries Inc.
  13. 1993—Eastman Chemical Co. and Ames Rubber Corp.
  14. 1992—AT&T Network Systems Group/ Transmission Systems Business Unit, Texas Instruments Inc. Defense Systems & Electronics Group, AT&T Universal Card Services, The Ritz-Carlton Hotel Co., and Granite Rock Co.
  15. 1991—Solectron Corp., Zytec Corp., and Marlow Industries
  16. 1990—Cadillac Motor Car Division, IBM Rochester, Federal Express Corp., and Wallace Co. Inc.
  17. 1989—Milliken & Co. and Xerox Corp. Business Products and Systems
  18. 1988—Motorola Inc., Commercial Nuclear Fuel Division of Westinghouse Electric Corp., and Globe Metallurgical Inc.
(Source: vibizmanagement/ www.quality.nist.gov/dari berbagai sumber)

Comments

info nya sangat bagus sekali...trmksh

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA