OPTIMUM TEAM WORK SEPERTI APA?

Ada dalam training Supervisor beberapa tahun lalu saya mendapatkan pengetahuan ini. Dan coba saya buat berupa checklist observasi untuk anda, dapat juga digunakan untuk mengevaluasi pelatihan team building. Harusnya semuanya jawabanya "Ya"
  1. Apakah tim memiliki tujuan/ sasaran kerja kelompok, yang diterima oleh semua anggota
  2. Apakah Setiap anggota mempunyai standar kerja tinggi, yang bukan atas dasar tekanan dari supervisor
  3. Apakah anggota bebas untuk memberikan ketidak setujuan namun memiliki cara efektif untuk memecahkan setiap masalah dan konflik antar kelompok
  4. Apakah tim memperlajari tindakan masa lalu untuk merencanakan strategi masa depan yang wajar
  5. Apakah keputusan dibuat secara consensus, dengan mempertimbangkan semua alternative yang ada
  6. Apakah ada Kohesif, memiliki semangat kesatuan tujuan
  7. Apakah ada Sinergi kesatuan pengalaman
  8. Apakah suasana kerja nyaman, dimana setiap orang menyadari fungsi dan keterikatannya
  9. Apakah Satu dengan lainnya saling mendengarkan serta mau memberikan umpan balik yang bermanfaat
  10. Apakah Setiap anggota mau memberi kritik yang konstruktif jika diperlukan untuk melancarkan interaksi kelompok dalam menyelesaikan kerja
  11. Apakah nyaman mengungkapkan ide secara lengkap dan jujur sehingga setiap orang memiliki informasi yang relavan, tanpa ada “agenda tersembunyi”
  12. Apakah ada rasa mengghargai secara individu atas kontribusi yang mereka perbuat
  13. Apakah setiap anggota mau membantu salah satu anggota demi mencapai tujuan kelompok
  14. Apakah saling memberi nilai tinggi atas pendekatan kreatif yang baru dalam pemecahan masalah
  15. Apakah kelompok fleksibel karena setiap anggota saling mempengaruhi dan memimpin.

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA