Kamis, Desember 15, 2011

MIND MAP LOMBA TAHUN BARU

Dalam acara terdekat yang diamanahkan oleh saya untuk lead kepanitiaan ialah peringatan tahun baru islam yang jatuh pada 27 November bulan lalu. Seperti biasa, dalam tahap perencanaan saya selalu menggunakan tools MIND MAP dari Tony Buzan ini. Sangat baik dalam mendeskripsikan segala aspek yang berhubungan pada ide central atau utama.

Cara membuat Mind Map sangat sederhana,
Mulai dari kertas bagian tengah untuk kita namakan judulnya, lalu buat alur-alur tentakel nya yang mereferensikan assosiasi atau hubungan/ turunan ataupun sebab akibat dari ide central. Lomba tahun baru sebagai ide central, ini berkaitan dengan Ujian, Juri, Undangan, Hadiah, Makanan, Mewarnai dan perlengkapan.
Gunakan satu kata kunci pada tiap tentakelnya, dimana dengan kata kunci ini mengingatkan kita akan banyak hal. Misalkan kata kunci dari tempat lomba adalah masjid

Gunakan lekukan, warna dan simbol karena otak kanan bekerja dengan ini. garis lurus, hitungan, analisis ialah kerja otak kanan. Imajinatif, impian, warna , perasaan, garis lengkung, seni ialah kinerja dari otak kiri.

kalo bisa jangan gunakan software, tetapi gunakan pensil warna karena kinerja otak kanan dan kiri akan bekerja optimal.

Manfaat besar dari Mind map ialah meningkatkan daya ingat, imajinasi, perencanaan, kreatifitas dan pembelajajaran bagi yang saya pahami selama ini selaku juga pelatih bagi karyawan di perusahaan dalam pelatihan Mind Mapping. Pokoknya, mengasikkan menggunakan Mind Map.

Mind Map berfungsi sebagai alat bantu untuk memudahkan otak bekerja. Manfaat mind map adalah :

  • Mempercepat pembelajaran
  • Melihat koneksi antar topik yang berbeda
  • Membantu ‘brainstorming’
  • Memudahkan ide mengalir
  • Melihat gambaran besar
  • Memudahkan mengingat
  • Menyederhanakan struktur
  • .. dan lain-lain

Saya sendiri sudah cukup lama memakai mind mapping untuk membantu membuat materi training. Terkadang mid map digunakan sebagai coretan awal semua ide yang terlintas saat mengembangkan sebuah topik. Di saat lain, mind map digunakan untuk mempelajari bahan training yang disiapkan oleh tim lain. Terkadang materi itu begitu banyaknya sehingga kalau kita pelajari slide demi slide maka akan kehilangan benang merah dari awal hingga akhir. Terkadang pula memang materi yang dikaji masih berupa bahan mentah yang tak beraturan, sehingga perlu disusun ulang, dibuang, maupun ditambah, sehingga menjadi kesatuan materi yang mengalir. Di sinilah mid map membantu saya menemukan ide utama materi dan menyusun slide dengan benang merah yang sesuai.

Bila Anda sering suntuk karena banyak masalah yang terlintas di kepala, atau banyak ide yang tiba-tiba muncul, atau apapun yang kalau tidak direkam akan membebani otak bawah sadar Anda, maka mind map ini bisa menjadi alat buat menuangkan semua gagasan, pikiran, maupun sampah di kepala tersebut.

Tidak ada komentar: