Kamis, Desember 15, 2011

MEWARNAI DAN MANFAATNYA

Semalem seneng juga mendampingi putriku buat belajar mewarnai, karena seminggu ini dia harus istirahat pebuh akibat gejala tipus minggu lalu. Memang kuman "typi" njengkelin apalagi tabiatnya nular seperti flu. Sehingga adiknya yang baru 1,5 tahun pun ikut kena juga. Ya.. karena satu kamar, gelas minum bergantian, tukeran permen, namanya anak-anak. Dan mengisi masa istirahat mereka, kita sempatkan tuk mewarnai menggambar bersama dan saya sembari kenalkan beberapa metode mewarnai. Mulai meng-arsir, mewarnai dengan cara membuat titi-titik halus, mewarnai dengan sistem alur, dsb. Semoga makin terpakai nikmat karunia Tuhan akan pemberian otak kanan.

Mewarnai bersama orang tua, adalah salah satu aktivitas yang sangat bernilai disamping mengaktifkan kinerja otak kanan dimana tugas sang otak ini lebih kearah perasaan, warna, seni, dan sumber kreatifitas diterbitkan. 80% manusia rata-rata hanya mengandalkan otak kirinya dan hanya 20% saja yang menggunakan otak kanannya. Komunikasi erat antara orang tua juga dapat muncul saat menggambar bersama, memberi contoh bagaimana mewarnai, memberikan pujian-pujian saat gambarnya bagus yang akan memotivasi anak lebih giat lagi dalam mecintai kekuatan dirinya.

Manfaat menggambar/ mewarnai


Pertama merupakan ekspresi kreatifitas dan imajinatif mereka di masa kecil. Dengan menggambar, anak akan belajar mencipta atau berkreasi, menuangkan ide-idenya, serta memvisualisasikan dan merealisasikan imajinasinya dalam sebuah karya.

Kedua
, membantu proses perkembangan aspek kognitif, kecerdasan emosional dan kecerdasan motorik mereka. Menggambar dapat membantu meningkatkan konsentrasi anak, melatih daya ingat, kesabaran, ketelitian dan keuletan anak dalam menghasilkan sesuatu. Selain sebagai bentuk ekspresi, menggambar juga dapat membantu menyalurkan bentuk-bentuk emosi yang dirasakan anak melalui gambar. Menggambar juga melatih keterampilan dan kemampuan motorik halus anak. Seperti halnya menulis, menggambar dapat melatih gerak tangan untuk menghasilkan tulisan atau bentuk gambar yang lebih baik.

Ketiga,
mengasah bakat anak yang bisa berdampak signifikan terhadap kemampuan dan skil mereka di masa depan. Semua anak mungkin suka menggambar dan bisa menggambar, tetapi anak yang berbakat menggambar bisa menghasilkan gambar yang lebih bagus. Karena itu, ketika anak mulai mencorat-coret media yang ditemukannya, simpanlah kata “jangan” dan gantilah dengan memberikan media menggambar yang tepat seperti kertas, buku gambar, atau karton. Biarkan mereka berekspresi, serta berikan pula apresiasi atas gambar yang mereka buat atau mereka warnai. Bakat bisa diminati jika terus dilatih, dibiasakan dan dikembangkan dalam suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Keempat, Mewarnai Melatih Kemampuan Koordinasi. Kemampuan berkoordinasi merupakan manfaat lain yang bisa diperoleh dari aktifitas mewarnai. Dalam mewarnai diperlukan koordinasi yang bagus antara mata dan tangan, mulai dari bagaimana cara yang tepat menggenggam krayon, hingga memilih warna dan menajamkan krayon. Kemampuan dasar berkordinasi inilah yang dapat mengembangkan kemampuan dasar si kecil hingga mereka besar nanti.

Kelima, menggambar sebagai sebuah stimulus untuk menumbuhkan minat belajar, sekaligus metode pembelajaran dan pendidikan berbasis kreativitas, dengan syarat anak dibiarkan mengekspresikan pikiran dan perasaannya lewat gambar tanpa selalu diberikan objek tiruan. Gambar yang berantakan khas coretan anak lebih mencerminkan naturalitas dan kreativitas daripada kehalusan bentuk yang dihasilkan dari meniru objek yang ada.
(Makasih buat http://niahidayati.net dan www.kafebalita.com atas bantuan sumbernya)

Tidak ada komentar: