Jumat, Desember 16, 2011

MAU KARIR NAIK?

Masih haus akan peningkatan karir? Nih 4 macam keahlian yang perlu dikuasai untuk mendatangkan peningkatan pada karir kita beserta strateginya.

1. Selling Skill
Kemampuan menjual bukan hanya perlu dikuasai oleh para sales tapi juga oleh setiap orang yang ingin meningkat dalam karir. Karena dalam bidang pekerjaan apapun seseorang harus mampu menjual apakah itu suatu produk atau jasa, maupun "menjual diri" sendiri yang mungkin bisa diartikan seperti seorang karyawan menjual kinerjanya pada suatu perusahaan, seorang guru menjual pengetahuan, seorang designer menjual keahliannya. Intinya setiap kita bertanggung jawab penuh untuk menciptakan nilai tambah pribadi yang membuat nilai jual kita semakin tinggi sehingga karir dapat terus melejit.

2. Interpersonal Skill
Keahlian membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang lain sangat dibutuhkan untuk meningkat dalam karir. Karena dalam dunia kerja hampir tiga perempat waktu yang kita habiskan berhubungan dengan orang banyak seperti customer, supplier, atasan, rekan kerja, bawahan. Makanya tidak heran sejumlah studi ilmiah menyimpulkan 85% kunci sukses ditentukan bukan dari keahlian atau keterampilan teknis saja melainkan kemahiran dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain. Kemampuan membina hubungan akan sangat menolong kita dalam hal kerjasama tim, membangun networking, memenangkan hati pelanggan, dan disukai banyak orang.

3. Communication Skill
Kemampuan berkomunikasi adalah suatu alat yang penting untuk meraih kemajuan dalam karir. Fakta menunjukkan bahwa kemampuan anda mencapai tujuan sangat dipengaruhi pada kemampuan anda dalam berkomunikasi dan mempengaruhi orang lain. Keahlian ini dapat terus dilatih dan dikembangkan agar kita dapat menjadi komunikator yang handal sehingga kita dapat dengan efektif menyampaikan ide-ide, mempresentasikan suatu proyek, mengkomunikasikan manfaat suatu produk atau jasa yang akan menentukan suatu penjualan.

4. Learning Skill
Kita hidup di era informasi yang mana suatu informasi dapat diakses secara mudah dengan berbagai sarana. Beberapa informasi tertentu dapat menjadi sangat berharga yang mendatangkan berbagai keuntungan. Hal inilah yang harusnya mendorong kita untuk terus menyerap sebanyak mungkin informasi yang dibutuhkan sesuai bidang kita melalui seminar, koran, internet, membaca buku bahkan belajar dari para praktisi dan ahlinya. Proses ini menuntut pembelajaran yang efektif agar kita tidak ketinggalan dengan yang lain, selain itu juga kita harus mampu menyeleksi dan mengolah informasi yang kita serap agar selalu relevan dengan diri kita. Peningkatan pengetahuan selalu diikuti dengan peningkatan kompetensi lalu diikuti dengan peningkatan karir.

Apabila anda serius ingin meningkatkan karir, maka mulai investasikan waktu anda untuk mempelajari keahlian-keahlian tersebut dan anda akan lihat hasilnya yang mendatangkan banyak manfaat.

Terus bagaimana setelah punya ke-empat hal diatas, apa strateginya?

1. Bicarakan dengan atasan

Bicarakan dengan atasan mengenai masa depan Anda di perusahaan. Pastikan bahwa kinerja Anda selama ini telah sesuai dengan tujuan perusahaan.

2. Minta tanggung jawab lebih

Bekerja sukarela untuk menolong divisi lain atau cukup meminta tanggung jawab lebih lagi dapat menaikkan nilai Anda dalam organisasi. Meneyediakan waktu tambahan juga menunjukkan minat dan keinginan untuk menolong divisi dan perusahaan untuk sukses.

3. Menjadi sukarelawan untuk perusahaan

Jika karir Anda sudah di posisi atas, carilah kesempatan untuk menjadi sukarelawan atau menjadi anggota yang bersedia memberi konsultasi sukarela untuk kepentingan perusahaan. Dari sini Anda bisa membangun reputasi sebagai seseorang yang bergairah dan berdedikasi pada industri tempat bekerja.

4. Pertajam keahlian interpersonal

Keahlian interpersonal yang kuat memainkan peranan yang penting dalam menghimpun respek dari atasan dan rekan kerja. Hal ini juga bisa menarik perhatian dari orang luar yang mungkin saja membuka pintu kesempatan yang baru untuk Anda. Jadilah orang yang mudah diajak bergaul, menjadi pendengar orang lain yang baik, berlatihlah menjadi komunikator yang jelas dan efektif.

5. Inovatif

Jangan pernah takut untuk berpikir out of the box dan mempertajam naluri bisnis dalam pekerjaan. Tetaplah mencari untuk solusi-solusi yang kreatif untuk masalah-masalah yang membuat anda dan atasan terlihat lebih baik.

6. Carilah seorang mentor

Bangunlah hubungan mentoring, baik di dalam ataupun di luar perusahaan. Penemuan baru-baru ini menunjukkan bahwa empat dari lima promosi dipengaruhi oleh mentor yang lebih tinggi dalam perusahaan. Mentor juga adalah sumber yang amat bagus untuk karir dan bimbingan karir.

7. Pintarlah 'menjual diri'

Pelajari seni yang baik untuk mempromosikan diri. Jika Anda telah menuntaskan proyek besar atau menciptakan program yang sukses, pastikan bahwa orang mengetahui hal tersebut terutama pada orang-orang dalam posisi berpengaruh yang bisa menolong karir Anda berkembang.

8. Tetaplah belajar

Cara terbaik untuk meningkatkan karir Anda adalah dengan menambah pengetahuan baru. Pastikan bahwa resume Anda sekarang merefleksikan keahlian-keahlian yang dibutuhkan tersebut.

9. Jaringan

Perkuat jaringan pertemanan dan ikutilah organisasi-organisasi profesional, hadiri konferensi-konferensi industri, atau bahkan, menjadi sukarelawan. Semakin banyak orang yang melihat kekuatan dan kemampuan Anda, makin baik kesempatan Anda untuk berkembang menapaki jenjang karir yang baru.

10. Bangunlah reputasi

Dalam bisnis, reputasi adalah hal paling bernilai yang Anda miliki. Pastikan Anda dikenal sebagi seorang yang profesional dan bisa diajak kerjasama. Bangunlah nama untuk anda dengan menghadiri konferensi-konferensi, menjadi pembicara, atau menulis artikel.

11. Berdoa yang sebenar-benar doa.
Tuhan tidak akan merubah nasib kita, jika bukan kita sendiri yang merubahnya. Namun jika mimpi belum jadi kenyataan, yakin bahwa bisa saja sesuatu itu baik menurut kita, namun buruk sesungguhnya nantinya dan bisa jadi itu buruk bagi kita namun sesungguhnya itu baik. Tuhan mengetahui apa-apa yang tersembunyi. Bagi kita yang masih punya iman akan keberadaan sang pencipta yang maha adil dan maha bijak.
(sumber: Haryanto K, Robert Malthis, John H. Jackson dll)

Tidak ada komentar: