Jumat, Desember 16, 2011

MANFAAT KEMANGI

Dibelakang rumah tumbuh subur beberapa tanaman kemangi. Kita sering mengkonsumsinya untuk lalapan dan untuk bikin pepes. Tanaman ini mengandung zat minyak atsiri, protein, kalsium, fosfor, besi, belerang, dan lain-lain. Di negara India, telah direkomendasikan untuk pengobatan bronkitis , bronkial asma, malaria, diare, disentri, penyakit kulit, arthritis, penyakit mata menyakitkan, demam kronis, gigitan serangga dan lain-lain.

Prof.HM. Hembing Wijayakusuma menjelaskan kegunaan tanaman kemangi bagi manusia. Namun tentu saja cara pemakainnya tergantung untuk penyembuhan penyakit apa.

Apabila dibalurkan di badang akan menghentikan pendarahan serta menghisap cairan kotor serta bau busuk pada ketiak. Bila dimasak, lalu seseorang duduk diatas uapnya, bisa mengobati penyakit ambeien, hernia dan tulang rapuh. Bila perasan airnya disiramkan ke bagian tulang yang patah dan belum di tumbuhi daging baru, berkhasit memulihkannya. Bisa juga mengatasi ketombe, bisul dan luka di kulit kepala. Bisa mencegah rambut gugur bahkan juga menghitamkan rambut. Bila ditumbuk dan disiramkan sedikit air, lalu dicampurkan minyak zaitun atau vaselin atau minyak mawar lalu dibalutkan, bisa mengatasi luka basah, kesemutan atau kulit terbakar serta berbagai bentuk pembengkakan.

Untuk mengatasi bau badan, bisa menggunakan 30 gram daun kemangi, 30 gram daun beluntas direbus dengan 600 cc air hingga 200 cc, kemudian disaring dan diminum airnya. Atau daun kemangi dan daun beluntas dimakan sebagai lalapan. Sedangkan bila mengalami bau mulut, tak salah juga menggunakan obat tradisional ini. Dosisnya 5 gram biji kemangi, 20 gram kencur, 1 batang sereh dihaluskan lalu ditambahkan air secukupnya, kemudian diembunkan semalam dan diminum pagi hari.

Di samping itu, daun kemangi juga baik juga di gunakan untuk melancarkan ASI. Caranya, 60 gram daun kemangi. 50 gram labu air. 30 gram labu bligo direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring dan airnya diminum. Untuk mengobati influenza, menggunakan 60 gram kemangi, 15 gram jahe, 15 gram daun bawang putih direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan diminum airnya.

Bila terkena sariawan, tak salah juga memanfaatkan daun kemangi. Resepnya, 60 gram kemangi dikunyah lalu airnya ditelan. Atau kemangi direbus derebus dengan 400 ccair hingga tersisa 200 cclalu disaring dan airnya diminum. Untuk mengibati muntah yang sering bisa dengan 60 gram kemangi di haluskan, garam secukupnya, lalu disaring dan airnya diminum.

Sementara itu, bijinya juga bermanfaat menghentikan pendarahan pada dada dan paru-paru, membersihkan lambung, namun tidak membahayakan dada dan paru-paru itu sendiri karena unsur pembersih yang ada padanya.

Tidak ada komentar: