Kamis, Desember 15, 2011

LEBAY

Lebay banget nih orang! kata salah satu rekan. Sebenarnya Lebay itu apa ya?
dari beberapa sumber yang saya baca, lebay itu maknanya 'berlebih-lebihan". Dalam ajaran manapun, berlebihan adalah dilarang baik dalam berpakaian, dalam bertutur kata, dalam amarah, dalam membelanjakan harta, bahkan dalam mencintai sesuatu pun kita dilarang untuk berlebihan. Ada kata-kata hikmah yang sering teringiang tatkala memikirkan hal ini yaitu:

"Cintailah yang kamu sayangi dengan sewajarnya, karena bisa saja suatu saat nanti ia akan menjadi sesuatu yang kamu benci. Bencilah yang kamu benci itu sewajarnya saja karena suatu saat nanti ia bisa saja menjadi sesuatu yang kamu sayangi"

Demi cinta, sering kali membutakan hal-hal yang sebenarnya tidak baik, demi cinta yang berlebihan bisa saja kita membela mati-matian apa yang kita sayangi. Jadi dalam bercintapun janganlah lebay. Dalam bertutur kata, mengeluarkan pendapatpun hendaknya jangan lebay, berkatalah dengan ilmu sebagai sandaran.

Bisa jadi apa yang kita benci itu ternyata baik, dan bisa jadi apa yang kita sukai itu tidak baik bagi kita. Kita suka untuk memiliki mobil, tetapi sampai puluhan tahun belum juga kebeli, maka positif thinkingnya ialah bisa jadi jika punya mobil akan banyak keburukan terjadi.

Dalam memimpin keluarga. kemampuan leadership dan pengetahuan perilaku kelas dunia yang diagung-agungkan oleh tiap perusahaan hendaknya tercermin disini. Mau 7 habbits steven covey, mau tentang ESQ nya A. Ginanjar, dsb yang bicara pada perilaku seorang leader, jika memang leadershipnya bagus, pastinya pengikutnya bagus bukan. Jika POAC (Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling)bagus, maka rumah tangga akan mampu mencapai visi misi yang dicitakannya, pastinya. Bukan berdarah-darah bahkan hangus ditelan perceraian akibat harta, tahta dan wanita karena sifat lebaynya. Semoga kita jauh dari sifat lebay.

Tidak ada komentar: