FAMILY GATHERING - AKTIFITAS PERUSAHAAN KELAS DUNIA

Dulu saat saya di PHILIPS Industries Batam, cukup terkesan dengan Family Gathering dan juga acara Dinner & Dance party nya. Bersama jajaran managemen, keluarga, anak-anak merasa dijamu oleh perusahaan mulai makan gratis bertempat di resort di hotel berbintang yang dihadiri oleh ribuan karyawan plus keluarga. Lucky draw yang cukup menyemarakkan juga dapat diperoleh oleh hampir separuh yang hadir. Pokonya hadiahnya banyak. Di perusahaan lain juga, acara Family gathering juga mengundang Dewa 19, Sheila On 7, yang pastinya budget yang dikeluarkan juga sangat besar tetapi nggak sebanding dengan nilai dari sebuah kegiatan yang sangat valuable.
BRI Medan pun, hari ini 18 Desember 2011 nggak kalah dengan mengadakan Family gathering dengan cukup meriah, hingga Lucky draw nya yang cukup menarik mulai Kulkas, mesin cuci, LCD Player dll. Info dari salah satu rekanan tim auditor BRI cabang Medan.

Indikator - pertanyaan yang masih menghasilkan respon rendah biasanya menyangkut pengakuan dan penghargaan, faktor karir plan dan gaya kepemimpinan. Misalkan beberapa pertanyaan yang dibeberapa perusahaan masih rendah nilainya :
1. Para pemimpin lebih bersikap sebagai Mentor/ Coach dibanding sebagai seorang manajer dengan terus memberi dororongan semangat dan membangun keputusan bersama
a) Tidak pernah b) Jarang c) Sering d) Sangat sering
2. Komunikasi antara bagian terjalin baik untuk mencapai tujuan perusahaan
a) Tidak pernah b) Jarang c) Sering d) Sangat sering
3) Para pemimpin senantiasa terbuka menerima masukan dan tidak menebar tekanan dan rasa takut pada bawahannya berupaya menghilangkan ketakutan.
a) Tidak pernah b) Jarang c) Sering d) Sangat sering
4) Karyawan bebas menyuarakan pendapat, ide peningkatan kinerja dengan mudah dan tanpa rasa takut dikoreksi ataupun dipersalahkan.
a) Tidak pernah b) Jarang c) Sering d) Sangat sering
5) Para pemimpin berusaha melakukan apa yang telah dikatakan dan menjadi panutan figur bawahannya dalam kehidupan (Role Model Leadership)
a) Tidak pernah b) Jarang c) Sering d) Sangat sering
6) Atasan memahami dan memenuhi kebutuhan pelatihan karyawan dalam mencapai kinerja yang lebih baik
a) Tidak pernah b) Jarang c) Sering d) Sangat sering

1. Improve employee retention (membuat loyal-betah)
2. Reduce cost training & recruitment
3. Pendukung perubahan
4. Image publik yang baik (pandangan orang keluar)
5. Pelayanan yang excellene
6. Mengelola pengetahuan, dan memelihara-menyimpan aset intelektual
7. Mengembangkan proses yang efektif
8. Membuat betah karyawan berbakat (attract talent)
Comments