Rabu, Desember 07, 2011

ENERGIZE OTHERS

Energize others atau membuat orang lain bertenaga, terdorong, tergerak, termotivasi dan teralirnya energi untuk mencapai sebuah tujuan. Meng energize orang lain misal bawahan anda atau orang disekitar anda memerlukan tekad, komitment dan dedikasi dan usaha anda akan berdampak positif dalam jangka panjang.

Mengenergize bawahan atau orang lain disekitar anda dapat dilakukan dalam beberapa cara antara lain :
1. Aktifitas sosial
Meningkatkan pergaulan, menghilangkankan hambatan komunikasi, saling berbagi, membuang sekat-sekat dan rasa takut serta dapat memahami sisi perbedaan antar mereka (bawahan/ rekan kerja). Acara sosial diantaranya; Family gathering, pikinik, kerja bakti jumat sore di kantor, kegiatan 5S housekeeping bersama-sama, bakar ikan, main bola bareng, dsb.

Saya pernah mencari data dari survey di sekitar perusahaan terhadap topik apa yang paling sering dibicarakan tentang seorang bis/ atasan responden. Dan hasilnya sekitar 70% rata-rata membicarakan tentang hal-hal pribadi atasannya, hal hal diluar pekerjaan. Tidak membicarakan hal-hal kinerja yang sedangdicapai saat ini. Ini memerlukan kecerdikan untuk mengenergize bawahannya dengan menyinggung hal-hal pribadinya yang dilakukan saat aktifitas sosial berjalan. Misal, nanya cita-cita, harapan keluarganya, pengalaman kuliah, hingga sejarah keluarganya. Sembari mendengarkan secara efektif, dan memberikan pujian/ feedback positif terhadap hal-hal apapun yang diceritakan.

Ukuran mendengar secara efektif ialah 80% suara yang keluar adalah dari lawan bicara anda (staff anda), dan mungkin hanya 20% saja suara dari bibir anda. Gunakan teknik paraphrashing untuk membantu mengenergize orang menceritakan sebanyak mungkin yang ada dalam pikirannya.

2. Pendidikan
Membuka perpustakaan kecil di kantor, membuat acara knowledge sharing dengan topik kepemimpinan dan motivasi, makan siang bareng di kantor, termasuk membuka peluang lebar para bawahan anda untuk mengikuti pelatihan.

3. Menghargai para karyawan
Wajib, Fardlu 'ain bagi para organisasi/ perusahaan yang ingin mempertahankan dan menciptakan deretan staff yang hebat-hebat. Berikan penghargaan secara berkala, dan terbitkan lembaran publikasi berita, buletin internal perusahaan untuk berbagi informasi seputar peristiwa di kantor. Tulis pencapaian, ide-ide kreatif anggota anda dalam media publikasi ini. Hargai dan beri pengakuan. Ketika para staff mengetahui mereka dihargai, anda akan mendapatkan hasil yang hebat.


Nomor HP
dan alamat rumah staff anda adalah hal pribadi dalam ranah aktifitas sosial dalam mengenergize staff anda, yang harus anda simpan sebagai tools motivator anda. Sudahkah anda tahu semua nomor telepon staff anda dan dimana mereka tinggal? Hebatkan diri anda untuk meluangkan waktu dihari senggang tuk singgah ke rumah staff anda.

Tidak ada komentar: