Jumat, Desember 09, 2011

BAGAIMANA ORANG MEMILIH KARIR

Empat karakteristik individual umum yg mempengaruhi bagaimana seseorang membuat pilihan karir mereka.

1. Minat
2. Citra diri
3. Kepribadian
4. Latar belakang sosial

Minat, orang-orang cenderung mengejar karir yang mereka sesuai dengan minatnya. Tetapi sering kali, minat orang berubah, dan kebutuhan karir pada akhirnya dibuat berdasarkan keterampilan dan kemampuan khusus yang telah dimiliki, serta jalan karir mana yang sesuai realistis bagi mereka.

Citra diri, Karir adalah perwujudan dari citra diri seseorang, begitu pula dengan pembentuk karakternya. Seorang yang suka hal sosial, imajinatif, suka berafiliasi dengan banyak orang akan tercitra dengan baik jika dia punya karir dibidang kehumasan ataupun sebagai wartawan. Bangga karena jabatan yang dianut sebagai cermin siapa dirinya.

Kepribadian, faktor ini meliputi orientasi pribadi dan kebutuhan pribadi. Misal kepribadian realistis, giat, atau artistik dan punya kebutuhan berkuasa, berafiliasi dan kebutuhan pencapaian seorang karyawan. Individu yang memiliki jenis kepribadian tertentu condong ke kelompok pekerjaan yang berbeda pula.

Latarbelakang sosial, Status sosial ekonomi, tingkat pendidikan, pekerjaan orangtua termasuk faktor ini. Pemilihan karir dipengaruhi cara pandang orang tuanya. Seorang anak dari orang tua berprofesi dokter akan menilai karir yang baik ialah pada pelayanan kesehatan. Seorang anak tentara berpikir karir yang baik pada yang senilai dengan pandangan orang tuanya.

Tidak ada komentar: