Jumat, Desember 23, 2011

BAGAIMANA MEMBUAT KARYAWAN BETAH DANTIDAK DI HIJACK OLEH PERUSAHAAN LAINNYA

Hijack menghijack, perebutan karyawan bertalenta sangat tinggi di beberapa perusahaan Agro yang lagi buming di Indonesia. Ratusan perusahaan sawit mulai sekala 5000 Ha hingga skala diatas 200 ribu hektar melakukan perang perebutan para punggawa perwira dan prajurit perkebunan. Demikian juga di perusahaan Mining atau pertambangan hal yang sama juga tinggi terjadi perebutan.

Faktor terbesar ialah suasana, ini untuk perusahaan skala menengah dan besar. Seperti nasehat dari Pak Lim Hok Cay, pimpinan tertinggi sebuah grup besar di Indonesia lewat farewell letternya, saat dia memutuskan untuk hijrah di akhir tahun 2011 ini, bahwa yang Sangat penting adalah gaya leadership para pimpinan, mulai dari pimpinan terbawah, sampai pimpinan puncak. Jangan hanya meminta karyawan terikat bathin terhadap perusahaan, akan tetapi semua pimpinan memasang muka angker, karyawan pasti pada takut bukan. Remove barier dan hilangkan rasa takut untuk terlibat dalam setiap pengambilan keputusan. Hilangkan Management by fear, ucapnya.

Ada gula ada semut, employee yg Highpotential atau bertalenta (Hipo) otomatis mencari high income dan benefit. Dah hukum alami, kalo kalangan umum bilang kutu loncat.

Beberapa hal teknis yg bisa melahirkan ikatan yang kuat :
1. Family gathering
2. Buka puasa bersama
3. Some company , kadang2 manager makan ...brg2 anak buah
4. Car owner program atau semacamnya.
5. Kecilkan gaji bulanan, pindahkan ke Bonus tahunan yang mencengangkan, akhir tahun 20 kali gaji misalnya.
6. Pemilihan karyawan terbaik.
7. Engagement employee survey dan tindakan improvement
8. Employee Sertification program disertai ins
entif sertifikasi yang diberikan tiap pertengahan tahun.
9. Acara-acara out bound
10. Anugrah 10,20 tahun loyality program
11. Silaturrahmi manager ke bawahan
12. Fitnescenter bersama
13. Pertandingan2 olah raga
14. Bonus performance appraissal
15. Bonus produksi
16. Setiap senin para jajaran direktur berjajar di pintu masuk perusahaan, sampaikan senyum dan ucapan greeting "selamatpagi"
17.........

Beberapa program diatas bisa dilakukan untuk menjalin ikatan dalam suatu perusahaan dengan sasaran adalah untuk menumbuhkan rasa bangga akan perusahaannya. Merasa diperhatikan dan dijadikan aset. Bukan hanya omong kosong dan campaign tong kosong aja tanpa ada bukti nyata.

Saran dari rekanan lainnya melali komentar di Linkedin.com, Untuk terjadinya ikatan antara Perusahaan dan Karyawan perlu adanya Employee relation yang merupakan wadah bagi Perusahaan dan Karyawan. Karena kebutuhan karyawan tidak hanya yang tercantum dan remunerisasi dan Compentation & Benefit saja, tetapi karyawan juga memerlukan sentuhan batin dan rohani. Employee relation sangat diperlukan apalagi bagi perusahaan perkebunan yang sangat jauh dari sisi hiburan. Perlu juga karyawan diberikan reward semacam reward rohani dan bathin tidak hanya jasmaninya saja.


Gambar disamping ini adalah salah satu yang dicanangkan oleh Dept SDM kami, mengadakan kerja bakti bersih2 lingkungan sekitar kantor setiap Jumat sore, disertai canda dan makan-makan. meremove barier communication dan mendorong kerjasama tim yang sehat dalam nuansa kekeluargaan.

Bagaimana dengan Departemen atau perusahaan anda?



(Dari kiri kekanan; fandi, jonny, martin, rocky, palmer, irwan, derusman, dan saya yang paling ganteng. haha..)

Tidak ada komentar: