Sabtu, November 26, 2011

SUSUNAN CV JOB APPLICATION

Sebagai bagian dari tim HRD, ribuan CV (Curriculum Vitae) tiap tahun kita terima ada yang bagus ada yang berlebihan dan ada yang acak kadut. Sampling dari 10 CV yang acak kadut ini secara kualifikasi keahlian dan pengalaman beberapa sangat baik, namun karena teknik pemaparan CV nya bisa jadi sang user tidak tertarik.

Adalah masih wajar penampilan pertama masih diidentikkan dengan mutu dan keseriusan. CV ibarat sebuah brosur penjualan, agar pembeli tertarik untuk membeli maka buatlah sesuai yang pembeli inginkan.



Berikut urutan dalam sebuah CV standard:
  1. Personal Information; Nama, TTL, Alamat, Status, Tinggi berat badan, suku.
  2. Education; Urut dari 2 lulusan terakhir, mulai dari yang paling baru lulus misal S1 UNS, lalu SMA, SMP, SD.
  3. Work Experience/ pengalaman
  4. Personal Skills/keahlian kompetensi teknis
  5. Pengalaman organisasi
  6. Penghargaan/ prestasi yang pernah diraih
  7. Referer anda (orang yang mereferensikan/ sebagai referensi bagi pihak perusahaan dalam croscheck tentang kebenaran CV anda).
Pastikan setiap CV disesuaikan dengan pekerjaan yang anda lamar. Kalo dalam hardcopy pastikan jumlah halaman maksimum 3 lembar saja, dan kalo CV dikirim via email, pastikan anda print out test dahulu, takut nggak center dan set print ke ukuran A4 juga pastikangrammar oke. Mungkin teori CV banyak dan semua baik demi CV anda nggak masuk daerah "pencuekan" hanya gara-gara acak kadut.

Tidak ada komentar: