Selasa, November 29, 2011

SIX BIG LOSSES OEE DALAM TPM

Kegiatan TPM (Total Productive Maintenance) identik dalam pengamatan nilai OEE atau Overall Equipment Effectiveness dimana di OEE mempunyai beberapa penyakit yang menyebabkan penurunan nilainya yaitu:
  1. Kerugian karena kerusakan (breakdown), Kerusakan mesin atau peralatan akan menyebabkan waktu terbuang sia-sia yang mengakibatkan kerugian bagi perusahaan akibat berkurangnya volume produksi atau kerugian material akibat produk yang dihasilkan cacat
  2. Kerugian karena pemasangan dan penyetelan (setup and adjustment losses), Kerugian karena pemasangan dan penyetelan adalah semua waktu pemasangan dan waktu penyesuaian yang dibutuhkan untuk kegiatan-kegiatan mengganti suatu jenis produk ke ke jenis produk berikutnya untuk produksi selanjutnya. Dengan kata lain, total kebutuhan mesin tidak berproduksi guna mengganti peralatan.
  3. Kerugian karena operasi berhenti (small stop), Kerugian karena mesin beroperasi tanpa beban maupun karena berhenti sesaat muncul jika factor eksternal mengakibatkan mesin atau peralatan berhenti berulang-ulang atau beroperasi tanpa menghasilkan produk.
  4. Kerugian karena penurunan kecepatan operasi (reduced speed), Menurnnya kecepatan produksi timbul jika kecepatan operasi actual lebih kecil dari kecepatan mesin yang telah dirancang beroperasi dalam kecepatan normal.
  5. Kerugian karena produk cacat (process defect losses), Produk cacat yang dihasilkan akan mengakibatkan kerugian material, mengurangi jumlah produksi, limbah produksi meningkatkan dan peningkatan biaya untuk pengerjaan ulang. Kerugian akibat pengerjaan ulang termasuk biaya tenaga kerja dan waktu yang dibutuhkan untuk berproduksi kembali.
  6. Kerugian pada awal produksi (reduced yield losses), Kerugian ini timbul selama waktu yang dibutuhkan oleh mesin atau peralatan untuk menghasilkan produk baru dengan kualitas produk yang diharapkan. Kerugian yang timbul bergantung pada factor seperti kondisi operasi yang tidak stabil, tidak tepatnya penanganan dan pemasangan peralatan ataupun operator tidak mengerti dengan kegiatan produksi yang dilakukan.
PENYEBARAN DAERAH PENYAKIT
Penyakit OEE mempunyai daerah endemi yang berada di beberapa tempat ratio, baik ratio Availability, Quality maupun Ratio Performance rate. Seprti gambar dibawah ini, daerah endemi Setup Downtime akan mempengaruhi penurunan Availability.



Tidak ada komentar: