Kamis, November 10, 2011

PROAKTIF - THE SEVEN HABBITS

Sebuah buku motifator yang paling banyak diamini oleh sebagian besar orang. Sentuhan "akal" yang ada di dalamnya cukup membuat setiap orang mengangguki dan ingin melaksanakan setiap anjurannya. Bahkan seminar dan pelatihanpun sering diadakan untuk melakukan anjuran-anjuran Stephen R. Covey ini. Salah satunya dari tujuh kebiasaan ialah:

Bersikap proaktif

Ini adalah lebih dari sekedar mengambil inisiatif. Bersikap proaktif artinya bertanggung jawab atas perilaku kita sendiri (di masa lalu, di masa sekarang, maupun di masa mendatang), dan membuat pilihan-pilihan berdasarkan prinsip-prinsip serta nilai-nilai daripada berdasar pada suasana hati atau keadaan.

Orang-orang proaktif adalah pelaku-pelaku perubahan dan memilih untuk tidak menjadi korban, untuk tidak bersikap reaktif, untuk tidak menyalahkan orang lain. Mereka lakukan ini dengan mengembangkan serta menggunakan keempat karunia manusia yang unik yaitu:

1. kesadaran diri, 2. hati nurani, 3. daya imajinasi, dan 4. kehendak bebas – dan dengan menggunakan Pendekatan Dari Dalam Ke Luar untuk menciptakan perubahan. Mereka bertekad menjadi daya pendorong kreatif dalam hidup mereka sendiri, yang adalah keputusan paling mendasar yang bisa diambil setiap orang.

Secara sederhana, apa beda kebiasaan Proaktif dan kebiasaan bersikap reaktif? Jika proaktif ada ruang dan pilihan untuk memutuskan sedang reaktif adalah sebaliknya, tidak memberi kesempatan untuk tenang, diam, berpikir logis dan mengikhlaskan insting dan akal umenyadari keadaan untuk menetapkan sesuatu. Reaktif lebih banyak bersifat hewani dan proaktif lebih bersifat manusiawi. Seorang pemimpin tat kala ada kesalahan yang terjadi, melakukan proaktif untuk menyadari apa akar penyebab ini semua dan tidak hanya reaktif berkutat pada permukaan masalahnya saja, apalagi mencari siapa yang patut disalahkan.

Tidak ada komentar: