PESAWAT BARU LION AIR 737-MAX

15 Tahun lalu saat saya naik pertama kali pesawat, bandara tidak seramai sekarang, antrian tidak terjadi, kursi ruang tunggu bayak tersisa, karena harga tiketnya pun jarang ada yang dibawah 1 Juta kala itu untuk tujuan Surabaya-Batam. Uang 1 Juta tahun tersebut sebanding uang 2 juta sekarang. Coba sekarang, bandara penuh sesak, tiket dari harga 300 ribu tujuan Medan-Surabaya pun tersedia.

Indonesia mempunyai pertumbuhan orang kaya tertinggi di Asia. Hasil survey sederhana, dari 5 tukang becak, 3 diantaranya mempunyai telpon seluler. Auman mesin bermotor mengikuti, jumlah kendaraan di Indonesia pun naik tajam, hingga tahun 2009 jumlah kendaraan bermotor di Indonesia secara kumulative mencapai lebih dari 70,7 juta unit.

Lion Air sendiri bakal mengaum di Asia dan saya memprediksi bakal menjadi perusahaan terbesar di asia pada sektor penerbangan sebelum tahun 2025. Semoga, Lion besar maka membutuhkan SDM yang besar pula, dan semoga tidak ada perekrutan tenaga asing kedepannya untuk mengendari burung seharga 800 milyar ini.

Sebanyak 178 unit Pesawat 737-900ER yang dipesan mulai tahun 2005 dan tahun ini dengan disaksikan oleh Obama, presiden Amerika yang masa kecilnya pernah di Indonesia ini, telah memesan 230 unit pesawat baru, penambahan ini terdiri dari 201 Boeing 737-max dan 29 unit 737-900ER dengan nilai transaksi sekitar 197 Trilyun rupiah. Sebuah angka fantastis, membuat senyum negara Amerika, dan ini secara signifikan mengurangi masalah ekonomi mereka terutam di sektor ketenaga kerjaan, berkurangnya angka pengangguran Seri terbaru 737-Max ini dinyatakan hemat bahan bakar sebesar lebih dari 10% dan mengurangi beban operasional sebesar 7%. Pesawat next generation ini berkecepatan 0,791 mach atau setara dengan 863 KM/Jam jika dihitung pada ketinggian 30 ribu kaki. Seperti apa ya Boeing 737-Max ini? Sabar aja tahun 2017 nanti kita bisa menaikinya, karena proses delivery dimulai tahun 2017.

Besarnya Lion Air semoga besar pula Indonesia, korupsi turun, para penduduk di Indonesia mempunyai pendapatan lebih dari 211 ribu perbulan dimana angka ini adalah garis batas kategori miskin, semoga angka kemiskinan turun nggak nongkrong terus dikisaran 40 juta orang.

Bank Dunia menyatakan lebih dari separuh pertumbuhan ekonomi global sebelum tahun 2025 akan didorong oleh enam negara yaitu Indonesia, Brasil, China, India, Korea Selatan, dan Rusia. Keenam negara ini akan mendorong negara-negara berpendapatan rendah melalui transaksi komersial dan finansial

Bukan hanya Lion yang akan mengaum, tim U23 pun kan mengaum mengalahkan Malaysia di Sea Games malam ini (Senin, 21/11/2011), semoga. (Boeing/ Okezone/ Rublika/ Globaraircraft/ Newairplane/Voa-islam)


Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA