Pengukuran Engagement dan Kepuasan Karyawan-2

Sesuai janji saya, dibawah ini adalah contoh engagement survey yang bisa digunakan untuk mengukur agreement level/ level persetujuan. Skala nilai ialah 0 s.d 4.
4= Sangat setuju dengan kondisi yang dipaparkan
3= Setuju dengan kondisi yang dipaparkan
2= Tidak setuju dengan kondisi yang dipaparkan
1= Sangat tidak setuju dengan kondisi yang dipaparkan
0= Tidak tahu/ No Comment

Ada enam aspek dan 30 pernyataan, antara lain:

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE MicrosoftInternetExplorer4

Kepuasan dalam pengalaman kerja sehari-hari

Saya melakukan pekerjaan yang menarik. (Penjelasan: Saya merasa puas dan senang melakukan tugas pekerajaan saya saat ini).

Tempat saya bekerja adalah tempat TIDAK yang menyenangkan.

Saya TIDAK yakin bahwa prosedur / sistem Manajemen SDM Perusahaan telah ditetapkan dan dilaksanakan dengan baik. (Penjelasan: konsisten, terbuka dan adil).

Pekerjaan saya memberikan kesempatan untuk mengembangkan potensi saya secara penuh.

Saya diberikan penghargaan dengan cukup adil atas apa yang saya kerjakan. (Penjelasan: Saya mendapat penghargaan yang sesuai atas prestasi kerja saya).

Kepuasan dalam dukungan karir

Saya TIDAK memiliki kesempatan untuk mengkomunikasikan pengembangan karir melalui sistem penilaian kinerja yang berlaku. (Penjelasan: Saya memiliki kesempatan membicarakan bersama Atasan mengenai pengembangan karir saya melalui sistem penilaian kinerja yang berlaku.

Saya tahu apa yang harus saya lakukan untuk menjadi sukses di tempat kerja.

Saya mendapat kesempatan untuk mengikuti pelatihan yang saya butuhkan di tempat kerja. (Penjelasan: Saya mendapat kesempatan mengikuti pelatihan yang saya perlukan untuk meningkatkan kompetensi saya).

Saya dan atasan merencanakan serta memastikan bahwa saya memiliki keterampilan yang dibutuhkan dimasa mendatang. (Penjelasan: Saya bersama Atasan saya merencanakan dan memastikan pelatihan yang saya perlukan untuk menangani pekerjaan di masa mendatang).

Dalam 6 (enam) bulan terakhir, seseorang di kantor berbicara kepada saya tentang kemajuan, prestasi kerja saya. (Penjelasan: Dalam enam bulan terakhir ini Atasan saya mengajak saya berbicara tentang kemajuan prestasi kerja saya).

Kepuasan bagaimana saya dikembangkan

Atasan langsung saya dapat mengenali Pegawai yang berkinerja baik dan memberikan penilaian secara obyektif. (Penjelasan: Atasan langsung saya dapat melakukan penilaian yang objektif terhadap prestasi kerja masing-masing anak buah).

Saya TIDAK punya kebebasan untuk membuat keputusan yang saya butuhkan untuk melaksanakan pekerjaan.

Saya mendapatkan akses ke atasan langsung bilamana dibutuhkan. (Penjelasan: Apabila saya menemui kesulitan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan, saya mendapat kesempatan dari Atasan langsung saya untuk membicarakan kesulitan tersebut).

Saya mampu untuk memberikan umpan balik tentang kepedulian / masalah yang saya ketahui. (Penjelasan: Saya mampu memberikan umpan balik atau saran sebagai bukti kepedulian saya atas suatu masalah yang saya ketahui).

Saya merasa akan mendapatkan dukungan yang sama dengan setiap atasan langsung. (Penjelasan: Saya merasa yakin akan mendapat bimbingan/perhatian yang sama dari Atasan langsung saya).

Kepuasan dengan Kepemimpinan

Kepemimpinan dalam lingkungan kerja, mempraktekkan apa yang mereka ucapkan (satunya kata dan perbuatan). (Penjelasan: Para pejabat di lingkungan kerja saya benar-benar melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang dikatakan).

Saya percaya pada arah yang dituju oleh perusahaan. (Penjelasan: Saya memahami misi perusahaan).

Manajemen kami membuat jelas apa yang kita butuhkan untuk sukses. (Penjelasan: Manajemen kami memberikan arahan/pelatihan yang jelas kepada setiap pegawai untuk dapat sukses dalam bekerja).

Manajemen TIDAK merekrut orang yang tepat untuk membantu pencapaian tujuan perusahaan. (Penjelasan: Manajemen menerima pegawai baru yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan perusahaan sehingga dapat membantu pencapaian tujuan perusahaan).

Tujuan / misi perusahaan membuat saya merasa pekerjaan yang saya lakukan penting. (Penjelasan: Dengan mengetahui tujuan/misi perusahaan, saya merasa bahwa pekerjaan yang saya lakukan memiliki peranan penting bagi keberhasilan perusahaan).



Jumlah Responden.

Penentuan jumlah sampel responden dalam pengukuran memakai formula,
Jumlah sampel = Jumlah total karyawan / (1 + Jumlah total karyawan x 0.05^2)
Misal total jumlah karyawan = 100
Jumlah Sampel = 100 / (1 + 100 x 0.05^2) = 80 Orang.


Pastikan ada kalimat positif dan ada kalimat negatif dengan perbandingan 7 : 3
Pernyataan negatif mempunyai score terbalik (reverse point).
Misal:

Tempat saya bekerja adalah tempat TIDAK yang menyenangkan
-Jika responden menjawab Sangat setuju, berarti score nya adalah 1 dan bukan 4.
-Jika responden menjawab Tidak setuju, berarti score nya adalah 3 dan bukan 2.
-Jika responden menjawab Sangat Tidak setuju, berarti score nya adalah 4 dan bukan 1.


Terimakasih

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA