Selasa, November 15, 2011

MOTIVASI KARYAWAN

Pada postingan saya sebelumnya tentang faktor pendorong kepuasan kerja karyawan, bahwa karyawan (di Asia pa:da umumnya) akan puas jika adanya:

1. peluang karir dan pengembangan, 2. Adanya kesempatan melakukan yang terbaik, 3. Adanya tantangan kerja, 4. kejelasan tugas dan tujuan karir, 5. Kondisi kerja yang fleksibel, 6. Kejelasan harapan perusahaan pada karyawannya, 7. Hubungan yang baik dengan atasan, dan 8. Hubungan yang baik antar rekan kerja.

selaras dengan hasil penelitian diatas, metode yang digunakan dalam motivasi karyawan menurut Marihot T. E. Hariandja dalam bukunya dijelaskanbahwa ada 3 kegiatan yaitu:

1. Job enrichment, yaitu pemberian otonomi yang lebih besar terhadap pekerja dalam melakukan pekerjaanya.

Artinya apabila seseroang dalam melakukan pekerjaan tidak memiliki kebebasan dalam merencanakan pekerjaanya tetapi dengan metode ini bisa memperkayanya dengan memberikan kebebasan untuk merencanakan kebebasannya.

2. Job enlargement, yaitu pemberian jenis pekerjaan yang lebih besar kepada seseorang.

Artinya seseorang karyawan hanya melakukan satu jenis pekerjaan, misalnya bagian keuangan mengerjakan tugas keuangan, begitu pula dengan bagian pemasaran, sumber daya manusia dan lain- lain menegerjakan tugas masing-masing dibidangmya.

3. Job rotation, yaitu perpindahan seorang pekerja dari satu jenis pekerjaan ke suatu jenis pekerjaan yang berbeda.

Cara ini dimaksudkan sebagi usaha untuk mengatasi kebosanan seseorang dalam suatu jenis pekerjaan tertentu.

Tidak ada komentar: