KUIS COMMUNICATION SKILLS

Dibawah ini list pertanyaan self assessment, skala nilai 1-5 (Tidak pernah-Jarang-Kadang-Sering-Sangat Sering), ini saya pelajari dari mindtools.

  1. Saya mencoba untuk mengantisipasi dan memprediksi kemungkinan penyebab kebingungan atau kesalah pahaman, dan saya pastikan masalah itu selesai diawal mula pembicaraan
  2. Ketika saya menulis memo, email, atau dokumen lainnya, saya berikan semua informasi latar belakang dan detail semua hal lengkap, saya tuliskan semua untuk memastikan bahwa pesan saya dipahami
  3. Jika saya tidak mengerti sesuatu, saya cenderung untuk menyimpan ini untuk diri saya sendiri dan mencari tahu nanti
  4. Aku kadang-kadang terkejut menemukan bahwa orang tidak mengerti apa yang saya katakan
  5. Saya dapat cenderung untuk mengatakan apa yang saya pikirkan, tanpa khawatir tentang bagaimana orang lain merasakan hal itu. Saya berasumsi bahwa kita akan dapat bekerja di kemudian hari
  6. Ketika orang berbicara kepada saya, saya mencoba untuk melihat perspektif mereka
  7. Saya menggunakan email untuk berkomunikasi masalah yang kompleks dengan orang-orang karena Ini cepat dan efisien
  8. Ketika saya selesai menulis laporan, memo, atau email, secepatnya saya scan periksa kesalahan ketik dan sebagainya, dan kemudian segera mengirimkannya
  9. Ketika berbicara dengan orang, saya memperhatikan bahasa tubuh mereka
  10. Saya menggunakan diagram, gambar dan grafik untuk membantu mengekspresikan ide-ide saya
  11. Sebelum saya berkomunikasi, saya berpikir tentang apa yang orang perlu tahu, dan cara terbaik untuk menyampaikan itu
  12. Ketika seseorang sedang berbicara kepada saya, saya berpikir tentang apa yang akan saya katakan selanjutnya untuk memastikan saya mendapatkan maksud saya secara benar
  13. Sebelum saya berkomunikasi, saya berpikir tentang apa yang orang perlu tahu, dan cara terbaik untuk menyampaikan itu
  14. Sebelum saya mengirim pesan, saya berpikir tentang cara terbaik untuk berkomunikasi (secara pribadi, melalui telepon, di newsletter, melalui memo, dan sebagainya)
  15. Saya mempertimbangkan hambatan budaya saat saya merencanakan berkomunikasi
Kunci Jawaban terbaik:
1. Sangat sering, 2. Tidak pernah, 3. Tidak pernah
4. Tidak pernah, 5. Tidak pernah, 6. Sangat sering
7. Tidak pernah, 8. Sangat sering, 9. Sangat sering
10. Sangat sering, 11. Sangat sering, 12. Tidak pernah
13. Sangat sering, 14. Sangat sering, 15. Sangat sering

ORAL, VERBAL, NON VERBAL
Pernah lihat Mario Teguh dalam menyampaikan pesan motivasi? Dia menggunakan 3 hal ini secara efektif, menggunakan komputer tablet untuk menggambar, bahasa tubuh terbuka, senyum ramah, pembagian pandangan mata, intonasi suara dan gelak tawa. Membangkitkan otak kanan dan otak kiri pendengar. Sama halnya metode Mind Map Tony Buzan, dimana dalam metode ini penjelasannya menggunakan gambar dan simbol serta warna-warna.

Komunikasi lisan adalah kemampuan untuk menjelaskan dan mempresentasikan ide Anda dalam bahasa yang jelas, ke khalayak pendengar yang beragam, baik dari umur, pengalaman, pendidikan/pengetahuan, jenis kelamin, visi mereka hadir didepan anda, dsb. Ini mencakup kemampuan untuk menyesuaikan pengiriman informasi Anda kepada khalayak yang diberikan menggunakan gaya yang tepat dan pendekatan terbaik, serta pemahaman tentang pentingnya isyarat non-verbal dalam komunikasi lisan. Komunikasi lisan memerlukan keterampilan latar belakang menyajikan, mendengarkan kesadaran/konsentrasi penonton, dan bahasa tubuh.

Komunikasi tertulis adalah kemampuan untuk menulis secara efektif dalam berbagai konteks dan untuk berbagai khalayak yang berbeda dan tujuan, dengan perintah dari bahasa Inggris. Ini mencakup kemampuan untuk menulis penjahit Anda ke khalayak tertentu, dengan menggunakan gaya yang tepat dan pendekatan. Hal ini juga meliputi komunikasi elektronik seperti SMS, email, dan instant messaging (Yahoo, Skype, Google talk,dll). Komunikasi tertulis membutuhkan keterampilan seperti menulis latar belakang konteks yang akan disuarakan, revisi dan mengedit, dan penyajian data-data.

Komunikasi non-verbal adalah kemampuan untuk meningkatkan ekspresi ide dan konsep melalui penggunaan bahasa tubuh, gerak tubuh, ekspresi wajah dan nada intonasi suara, dan juga penggunaan gambar, ikon dan simbol-simbol. Non-verbal komunikasi memerlukan keterampilan latar belakang seperti aura pribadi dan bahasa tubuh.

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA