Sabtu, November 12, 2011

KARAKTERISTIK SUPERVISOR YANG BAIK

Baik dalam hal ini selaras dengan budaya dan nilai yang dianut oleh sebuah perusahaan, karena pada prinsip didalam bisnis hal baik belum tentu cocok dan yang cocok belum tentu baik. sama dengan sebuah majalah atau koran yang "memihak" kelompok tertentu karena dimiliki oleh kelompok tersebut. Sebuah stasiun TV yang berafiliasi dengan sebuah partai politik, dalam pemberitaannya menganut konsep "Berita baik belum tentu benar, dan Berita benar belum tentu baik. Kembali ke konsep Supervisor, Dia baik belum tentu benar sesuai budaya dan Dia benar sesuai budaya belum tentu baik, intinya ialah keselarasan.

Karakteristik supervisor yang ideal secara umum antara lain:
1. Karakternya baik
2. Kompetensinya baik
3. Kooperatif
4. Kommunikatif

Keempat hal ini jika baik mampu mendukung tugas umumnya yaitu POAC;
Planning/ kemampuan dalam perencanaan
Organizing/ kemampuan pengorganisasian
Actuating/kemampuan menggerakkan (Motivation)
Controlling/ kemampuan dalam pengendalian

Dalam menilai kompetensi Supervisor pada soft skill memang diperlukan assesment center untuk menilai kompetensi seseorang dengan serangkaian tools dan metode yang teruji kevalidannya. Kalo tidak ada Assesment center, yang paling sederhana yang pernah saya lakukan ialah melakukan observasi 360 dearajat. Atas, bawahan, rekan kerja supplier dan rekan kerja customer. (Supplier adalah yang memberi sumberdaya kegiatan kita, dan customer ialah yang menerima hasil kerjanya/ next proses) untuk mendapatkan soft data sebagai bahan pelatihan dan pengembangan serta karir development, disamping analisa Job description yang outcome nya yaitu hard datapencapaian target QCDSM yang harus juga dianalisa.

Tidak ada komentar: