Minggu, November 13, 2011

INFLASI SECARA SEDERHANA

Minggu pagi seperti biasa kita belanja ke pasar, beli kebutuhan dapur berupa ikan, daging, bumbu, dan sayur mayur. Wah, beda sekali harga nya kalo dibandingkan dengan saat kita datang awal 2007 di daerah tepian danau toba ini. Inflasi terasa banget bagi kami. Inflasi secara bahasasederhana ialah kenaikan harga sehingga nilai uang kita berkurang, lebih didasarkan pada indeks harga konsumen pada barang kebutuhan pokok.

Dahulu tahun 2007 bawa uang 100 ribu untuk belanja ke pasar sudah cukup utk kebutuhan dapur seminggu nah sekarang di akhir tahun 2011 ini kalo bawa uang segitu sudah nggak cukup lagi. Dulu Tahu 10 biji = Rp 1000, sekarang Rp.1000 = 5 biji tahu. Dulu Ikan 1 kilo = 12.000 sekarang 1 Kilo = 20.000.

Tingkat Inflasi rata-rata di Indonesia adalah 6%. Berarti Gaji kita harus naik minimal 6% pertahun atau 60 ribu rupiah per sejutanya, dan kalau hanya naik sebesar ini maka manfaat kenaikan gaji nya gak akan terasa, akibat dampak inflasi pada penurunan nilai uang.

Inflasi yang diukur dengan Indeks Harga Konsumen di Indonesia dikelompokan ke dalam 7 kelompok pengeluaran (berdasarkan the Classification of individual consumption by purpose - COICOP), yaitu :

  1. Kelompok Bahan Makanan
  2. Kelompok Makanan Jadi, Minuman, dan Tembakau
  3. Kelompok Perumahan
  4. Kelompok Sandang
  5. Kelompok Kesehatan
  6. Kelompok Pendidikan dan Olah Raga
  7. Kelompok Transportasi dan Komunikasi.
Bank Indonesia melakukan survey tiap bulan terhadap kenaikan inflasi. Alahamdulillah secara trend terjadi penurunan angka inflasi di tahun 2011 ini.

Tidak ada komentar: