Kamis, November 17, 2011

AKI MOBIL DROP

Sewaktu mau nganter putri ku les private, mobil nggak bisa di stater karena tenaga aki /accu nggak cukup kuat. Mungkin umurnya aki merek GS ini ya yang udah saatnya mati, mengingat umur aki berkisar 1-3 tahun dan umur Aki ku juga sekitar 1,5 Tahun, tapi ini tergantung merek, jenis dan pemakaian serta perawatan juga.

Akhirnya saya buka Aki nya, dan cuci dengan air dingin sebanyak 10 kali, masukin air... goyang - goyag, dan buang air nya yang warna air buangan terlihat sudah menghitam. Selanjutnya cuci lagi dengan air panas 3 kali, masukin airnya, diamkan 5 menit lalu goyang dan buang. Isi dengan air aki zuur (botol merah), habis sekitar 5 botol. Hati-hati dalam pengerjaannya, gunakan sarung tangan, lakukan di tempat terbuka dan ada air kran mengalir.

Selanjutnya bawa ke tukang strum aki/ bengkel aki untuk di Charge (Stroom), sambil minta untuk sekalian dicek kekuatan Akinya. Charging sekitar 6 Jam, setelah itu di cek kekuatanAkinya dan menurut petugas bengkel Aki, "Masih bisa Pak, sekitar 70% baik". Lumayan, minimal 2-3 bulan ini bisa dipakai sebelum membeli yang baru. Tapi kenapa aki ku soak? penyebabnya ialah;
- level air aki yang kurang
- umur aki yang sudah lewat masanya
- sering nyetel music waktu membersihkan mobil/ cuci mobil di garasi, dengan mesin keaadaan mati. (Audio system mobil sy lumayan besar power nya)

Tips perawatan aki sangat mudah, ini yang kadang terlupa saya chek; adalah level dari air aki. Pastikan level air aki tidak kurang dan tambahkan air aki botol biru.

1 komentar:

Otomotif Qita mengatakan...

Tips yang sangat bermanfaat Om..