KAIZEN (CHANGE - BETTER)

Kai = Break, change Zen = simple, better
Kaizen = continous improvement yaitu perbaikan terus menerus
Konsep kaizen ini mengasumsikan bahwa hidup kita ( cara kerja, hidup bersosial atau rumah tangga ) seharusnya berusaha untuk terus menerus mengalami perbaikan.
Meskipun perubahan di dalam Kaizen tidak dramatis tetapi sedikit dan bertahap, perubahan yang diakibatkan dalam jangka waktu tertentu cukup besar. Hal ini berbeda dengan perubahan yang dihasilkan oleh western manajement yang biasanya dramatis.
Kaizen merupakan payung bagi semua manajement practices yang berkembang seperti TQC/ TQM, ZD, JIT dll


Mengapa Menggunakan Kaizen?


Cepat dan mudah pelaksanaannya
Big impact > direct attack ke masalah
Hasil bisa langsung dirasakan
Menggunakan SDM yang ada
Fokus pada major issue
Teamwork, lihat dengan kacamata berbeda
Melewati semua batasan birokrasi
Bisa dipakai untuk referensi Kaizen berikutnya

l

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA