Selasa, November 11, 2008

"Bakso" bulat - Think Out The Box

P
Dalam hal Continuous Improvement diperlukan "Think Out The Box"
Bahwa, perbaikan tidak selalu membutuhkan cost, tidak selalu membutuhkan penambahan tenaga kerja, dan berpikir tidak selalu... Berpikir keluar dari dogma hendaknya dibumikan dalam pola berpikir kita.

Mungkin 99% orang berpikir bahwa bakso itu selalu bulat, seperti bola pinkpong.
seperti lagu anak-anak yg dutanamkan dalam otak rekam belakang kita sa;at melisa artis cilik menyenyikannya.
"Bakso bulat seperti bola pingpong, Kalo lewat membuat perut kosong"

Dogma pada bakso bahwa bakso senantiasa harus dibuat bulat telah tertanam disebagian besar para penikmat jajanan. Adakah orang berpikir untuk membuat bakso tidak bulat? mencoba berpikir Revolusioner "Think Out The Box"

Yach... mungkin hanya sedikit kalangan pedangan yg memikirkannya, maka kemudian muncul ada pedangan yg menjual bakso "Gepeng" bakso "Bakar". Keanehan menimbulkan keheranan untuk tertarik menikmatinya.

saraf otak terpacu berkerut memikirkan, "Gimana sich rasanya?" hingga banyak pedagang ikut ikutan untuk membuat bakso "gepeng" dan semacamnya keluar dari lingkaran berpikir sebelumnya, membantah dogma "bakso bulat".

"Think Out The Box" merupakah ruhnya Kreativitas, berpikir dari biasanya. Membebaskan pikiran, belenggu pengalaman historis terdahulu, membuang ikatan karakter yg terbentuk sebelumnya, mengesampingkan literatur/buku yang pernah di imani nya.

"Think Out The box" adalah katalisator munculnya Inovator, dari sebuah creativitas.

Kira-kira, apa yg bisa kita rubah dari kondisi yang membelenggu kita sa'at ini? Contoh yg pernah saya gulirkan dalam training "Innovator" semisal pertanyaan:

Bisakah daun kangkung kita jadikan kerupuk?
Bisakah Buah Terong belanda kita jadikan kerupuk?
Barang bekas dirumah, adakah yg bisa anda rubah hingga merubah bentuk & fungsi asalnya?



Salam Innovator & Think Out The Box - Please.

Tidak ada komentar: