Rabu, November 12, 2008

Bagaimana cara kerja MOTIVASI

Motivasi internal Anda adalah gerak hati dan sikap anda, motivasi internal ini mudah menjalar. Sikap adalah kunci untuk memperoleh tanggapan yang ingin andakan dari orang lain. Bagaimana seseorang tetapa termotivasi dan terfokus ? Salah satu alat penting yang sejak lama di gunakan oleh para atlit adalah auto-suggestion. Auto-Suggestion adalah pernyataan-pernyataan positif yang di buat saat ini dan di ulang-ulang secara teratur. Dengan kata lain, auto-suggestion adalah berbicara hal-hal positif kepada diri sendiri ( Positive self talk).

Jika orang melakukan sesuatu karena alasana dari dalam diri mereka sendiri, dan bukan karena alasan-alasan yang di ciptakan oleh orang lain, maka yang ingin di capai adalah motivasi-diri. Itulah motivasi yang akan bertahan lama.

Ingatlah, motivator terbesar adalah keyakinan. Kita harus menanamkan dalam diri kita keyakinan bahwa kita dapat bertanggung jawab, maka segala sesuatu akan meningkat; kualitas produktivitas, hubungan dan kelompok kerja.

Beberapa langkah untuk memotivasi orang lain :

  • Memberikan pengakuan
  • Memberikan rasa hormat
  • Membuat pekerjaan menjadi menarik
  • Menjadi seorang pendengar yang baik
  • Melemparkan tantangan

Sebagai manusia tentu kita memiliki peraaan dan emosi. Ketika kita mengalami kegagalan yang sangat mengecewakan dan memalukan, tentu kita kesal, sedih dan bingung. Tidak jarang kita mungkin marah terhadap diri sendiri.

Namun kita tidak boleh terus menerus larut dalam situasi dan kondisi seperti itu. Kita tidak tidak boleh terus menerus menyesali keadaan tersebut. Kita harus sesegara mungkin membebaskan diri dari perasaan tersebut, bangkit kembali dan mencoba melakukan tindakan-tindakan perbaikan.

Setelah kita menyadari bahwa Allah telah mengaruniakan kekuatan-kekuatan dahsyat yang dapat kita pergunakan untuk membangun kehidupan dengan membina motivasi, kita perlu mengambil keputusan bahwa memang kita berhak dan dapat memiliki hal-hal terbaik dalam kehidupan ini.

Tidak ada komentar: