Jumat, November 07, 2008

7 Sampah / Muda - Sekitar kita khususnya Manufaturing

Istilah Sampah adalah Muda dalam bahasa Jepang,
yang berarti segala sesuatu yang tidak memberikan manfaat disebut dengan Muda/ sampah.

Jam dinding yang terpasang, salah penyetelan ataupun mati tetapi dibiarkan tidak diganti batere, salah satu Muda. Ngapain nempelin jam dinding kalo gk ada manfaatnya yack!

Sama teorinya dengan sasaran konsep 5S tujuannya ialah "penumpasan" Muda sampai serendah-rendahnya.

"Dari rumah setiap pagi berangkat kerja, butuh waktu 10 menit sampai dikantor, maklum jaraknya cuman dibatesin ama tembok Pabrik. Harga 10 menit ini akibat konsumsi si-Jarak, masuk kategori Muda of Transportation. jadi segala pergerakan yang consume waktu, perlu kita eliminir sesingkat-singkat mungkin" sebuah kalimat klise tetapi memang tidak kita pungkiri untuk tidak menolaknya.

Eh... ngomong omong ada nggak ya Muda di dalam dompet Sobat semua, Kertas ATM sebulan yg lalu, foto mantan pacar 5 tahun lalu, Bon-bon tagihan?

Kalo dirumah, ada nggak bumbu dapur yg tidak pernah dipakai bertengger di lemari dapur berbulan-bulan lamanya? Pisau yang tumpul atau Panci yang bocor?

"Segala sesuatu yang tidak memberikan nilai tambah disebut dengan Sampah/Waste/Muda"
=======================

Muda of over production yaitu memproduksi melebihi yang diinginkan oleh konsumen sehingga menimbulkan stock.

Muda of inventory, ini adalah hasil adanya over production, jika dapat memproduksi sesuai yang dibutuhkan pada proses selanjutnya berarti telah melakukan eliminasi muda of inventory.

Muda of waiting, seringkali ditemukan seorang operator menunggu materil tiba baru kemudian mereka menghidupkan mesin, hal ini merupakan sesuatu yang tidak ada nilainya (non-value added) ketika operator hanya melihat dan menunggu.

Muda of motion , ketika opertor berkeliling untuk mencari tools atau untuk mendapatkan benda kerja merupakan sesuatu yang tidak punya nilai tambah (no value added)

Muda of transportation , ketika material bergerak diatas truk, conveyor, forklift merupakan sesuatu yang no value added.

Muda of producing rejects , menghasilkan reject cenderung mengakibatkan rework atau bahkan material terbuang sia-sia (big muda).

Muda of processing , dengan menyusun lagi aliran proses dengan baik seringkali dapat menghilangkan beberapa proses yang tidak perlu.

Tidak ada komentar: