6 Skils Mendahsyatkan Karir - Kita tercipta karena keberanian


Hasil gambar untuk ready to change
Sumber foto : feelgoodgroup.com
Akhir tahun sepatutnya rekan-rekan sudah mempersiapkan sendiri dengan berbagai senjata dan amunisi, baik senjata nyata maupun ghaib. Manusia diciptakan awalnya dari 1/ratus ribu sperma yang sukses berkencan dengan sang ovum. Nah wajar kita harus mengilhami bagaimana kita dari awal sudah "bersaing" untuk mencapai tujuan. Hanya sperma yang super cepat, tangguh pada asam atau basanya lingkungan rahim, berenang menembus rintangan. Sehingga terpilihlah anda dan saya, hidup didunia yang serba kompetitif ini.

Hasil gambar untuk sperm
Sumber foto : www.cbsnews.com
Apakah sang sperma sebelum dimuntahkan dari ayahanda kita tahu, dimana sang ovum, bagaimana jalannya, bagaimana situasinya, dimana dia akan berenang, apakah cairan rahim bersahabat dengan dia atau tidak, semuanya tiada kabar diterima sang sperma. Dia pasrah saja untuk berusaha mencapai sang telur dan membuahinya.

Kondisi ketidak jelasan ini adalah sama halnya dengan kita. Ada kalanya kita tidak mempedulikan resiko dan rintangan demi mencapai tujuan dengan penuh keberanian. Apalah jadinya jika mereka para sperma tahu bahwa lingkungannya tidak bersahabat dengannya? mungkin enggan, sebagian besar. Namun mungkin juga ada beberapa yang super berani menghadapi ketidaksahabatan lingkungan padanya.

"Kita tercipta karena keberanian"

Dalam menyongsong tahun 2018 yang tinggal beberapa hari lagi, kita perlu upgrade kualitas diri agar rencana karir Anda tak hanya sebatas resolusi
Ya, dengan semakin beratnya tantangan dunia bisnis dan ekonomi saat ini, dibutuhkan skill yang mampu menjadi bagian dari solusi.
Terutama dengan lahirnya Second Machine Age, sebuah era dimana mesin-mesin akan menggantikan ‘otak’ manusia. Anda mau tidak mau, suka tidak suka harus memiliki kompetensi lain yang tidak akan mungkin tergantikan oleh teknologi digital.

Robot Menggantikan Manusia

Hasil gambar untuk robot 2030 800 million
Foto by : /www.fastcompany.com

McKinsey consultant, memprediksikan pada tahun 2030, memperkirakan tenaga kerja global sekitar 800 juta orang akan tergantikan oleh robotic/ automation system., laporan dari bbc.com. Coba amati, boomingnya e-commerce, Traveloka, Lazda, Blibli, dll, sudah mengeliminasi ratusan ribu hingga jutaan salesman, SPG, field marketing bukan? Digantikan system digital untuk penjualan. Laporan statistik area kerja mana saja yang terdampak robotika klik disini

Bagaimana kita menghadapinya? 6 skill berikut ini, yang patut kita jadikan rujukan untuk meningkatkan kompetensi dan karir kita di tahun mendatang:

1. Communication Skill

Pekerjaan apapun selalu membutuhkan skill komunikasi yang baik. Ketika Anda ingin mengutarakan sebuah ide atau gagasan, menjual produk, membangun relasi dan menjalin hubungan bahkan mengkomunikasikan kesulitan Anda kepada atasan, dibutuhkan keterampilan dalam hal berbicara, menulis, dan mendengarkan. Seseorang yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan mudah naik level dalam karir dan pekerjaannya.

2. Interpersonal Skill

Kemampuan untuk membangun hubungan dan berinteraksi dengan orang lain akan membuat Anda mudah bekerjasama dengan orang lain, membangun networking dan mengambil hati konsumen. Interaksi Anda dengan rekan kerja, bos, bawahan, customer, supplier atau siapapun yang berhubungan dengan pekerjaan Anda akan menentukan masa depan Anda nantinya. Jadi, latihlah skill ini sedini mungkin dan akan ada banyak orang yang menyukai Anda.

3. Learning Skill

Di era digital yang serba cepat saat ini, Anda bisa mengakses informasi kapan dan dimana saja. Anda hanya butuh tekad dan kemauan yang kuat untuk terus menerus belajar ilmu apapun yang bisa menunjang karir dan pekerjaan Anda. Ilmu ini bisa Anda dapatkan dengan mambaca buku, menonton youtube, menghadiri training dan seminar untuk membuka wawasan Anda tentang perkembangan yang akan terjadi di masa depan. Semakin meningkat pengetahuan Anda, kompetensi dan karir Anda pun akan semakin melesat dibandingkan rekan kerja Anda.

4. Management Skill

Jika ingin menapaki jenjang karir yang lebih tinggi, Anda membutuhkan skill untuk bisa merencanakan, melaksanakan, mendelegasikan dan mengontrol suatu pekerjaan kepada tim atau anak buah Anda. Kemampuan ini sangat penting dan krusial terutama untuk Anda yang mengincar jabatan menjadi seorang leader. Semakin baik kemampuan leadership Anda, akan semakin mudah untuk menyakinkan atasan bahwa Anda layak menjadi seorang pimpinan.

5. Problem Solving Skill

Masalah yang muncul dalam dunia bisnis saat ini begitu kompleks dan membutuhkan solusi yang cerdas untuk memecahkannya. Anda bisa mulai melatih problem solving skill Anda dengan pantang menyerah, tidak melemparkan kesalahan pada orang lain dan kreatif mencari solusi dalam setiap permasalahan yang muncul dalam pekerjaan. Dengan begitu, Anda akan jeli dalam melihat sebuah akar masalah dan tidak sulit menemukan alternatif jawabannya.

6. Innovation Skills
Mempunyai kombinasi cognitive skills (antara lain berpikir kreatif dan kritis), behavioral skills (antara lain mampu menyelesaikan masalah, mengelola resiko),  functional skills (antara lain skills dasar dalam menulis, membaca dan memahami angka) dan yang tak kalah pentingnya ialah skills teknis (antara lain ahli melakukan riset, project management, Information technology dan engineering). Meningkatkan innovation skills diperlukan tiga hal agar skills ini berkembang, yaitu:
- Willingnes to change, mau/ hobi berubah
- Not setling for good enough, terus mencari peningkatan
- Assembling an innovative community, berkumpul dengan komunitas teknologi

Tak lupa bagi para perusahaan juga tanggap akan perubahan budaya kerja robotika ini dimasa depan. pastikan perusahaan kita mendukung kreativitas dan inovasi. Ciri ciri organisasi yang mendukung ialah sebagaimana yang disampaikan oleh studymarketing.org dibawah.
Hasil gambar untuk innovation skills adalah

(Terilhami dari salah satu tulisan dari kubik leadership consultant & Mc Kinsey global institute)

Comments

keren sekali ini artikel nya. terimakasih.
mohon ijin untuk sharing info try out un sma
di link ini : try out un sma kota bandung

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA