Minggu, Maret 25, 2012

WAKTU KITA SANGAT PENTING

Seorang guru bijak berdiri di hadapan para murid-muridnya. Dengan tenang diambilnya sebuah akuarium kecil yang terbuat dari kaca yang bulat. Kemudian ia memasukkan kedalamnya beberapa bola golf sampai penuh. Ia lalu bertanya kepada para muridnya apakah akuarium itu telah penuh. Para muridnya setuju melihat kondisi akuarium yang telah diisi penuh oleh bola bola golf.

Sang guru kemudian mengambil batu-batu kerikil berbagai ukuran kemudian mengisinya kedalam akuarium yang penuh dengan bola golf. Ia kembali bertanya, apakah akuarium itu telah penuh. Para muridnya sedikit agak malu akan jawaban mereka yang pertama, kembali mengangkut dan menyetujui aklamasi bahwa akuarium itu telah penuh.

Kembali sang guru mengambil sekantung pasir dan menumpahkannya ke dalam akuarium sampai terisi penuh. Dengan tanpa ekspresi ia menayakan pertanyaan yang sama sepoerti pada awal demontrasinya. Kali ini para muridnya tertawa mengingat keluguan mereka dan dengan lantang berkata,” kali ini sudah penuh guru.”

Sang guru kemudian mengambil dua cangkir dan menuangkannya ke dalam akuarium itu dan anehnya masih ada ruang dalam akuarium itu. Guru itu lalu berkata,”akuarium ini melambangkan hidup Anda, bola golf yang pertama kali saya masukkan adalah priortas terpenting dalam hidup Anda, seperti suami, istri, anak-anak, dan kesehatan Anda. Semua pioritas yang saya baru saja sebutkan adalah hal yang sangat penting, dan walaupun semua hal dalam hidup Anda hilang, hidup Anda tetap utuh. Batu-batu kerikil adalah pioritas kedua yang penting, seperti pekerjaan, rumah, dan alat transportasi Anda. Pasir melambangkan semua hal-hal yang sepele dalam hidup Anda, yang kalupun hilang Anda dapat mencarikan gantinya. Namun, jika Anda menaruh pasir terlebih dahulu kedalam akuarium maka tidak ada lagi ruang untuk batu-batu kerikil dan golf.” Seorang murid menyeletuk,” Yang dua cangkir kopi tadi melambangkan apa pak?” Sambil tersenyum sang guru itu berkata, “ Seberapa pun padat waktu kita, masih ada waktu untuk bercengkrama dengan seorang teman.”


Champion’s Lesson

Hal yang sama terjadi dalam hidup kita, jika kita memberikan semua waktu dan energi pada hal yang remeh, kita tidak akan mempunyai waktu untuk hal-hal yang lebih penting. Berikanlah perhatian khusus atas prioritas yang berhubungan langsung dengan kebahagiaan hidup Anda karena selalu ada waktu untuk hal-hal yang kecil. Aturlah waktu Anda sekarang juga untuk meluangkan waktu Anda sekarang juga untuk meluangkan waktu yang berkualitas dengan orang-orang yang Anda cintai. Mulailah hidup dengan mengedepankan prioritas yang terutama dalam hidup Anda. Kebanyakan orang tidak meraih kebahagiaan dalam hidupnya dikarenakan mereka belum mendifinisikan arti dari kebahagiaan yang mereka inginkan.
(Sumber: Dari buku champion, Darmadi D)

Tidak ada komentar: