DONT BLAME OTHERS

Jangan menyalahkan orang/ pihak lain) !

Orang produksi : "Ini pasti salah bagian penyediaan bahan baku, Reject semua!"

Orang penyedia bahan: "Gak becus HRD, banyak barang rusak karena faktor handling, gimana sih pelatihannya?"
Orang HRD : "Gimana sih si manager penyedia bahan itu, Supervisinya lemah kok kita yang disalahin ya"

Saat kita menemukan suatu kesalahan (penyimpangan/ ketidakberesan)dalam perusahaan kita, janganlah berupaya mencari Black Goat ^__^ ”kambing hitam” yang bisa dituding sebagai penyebabnya, karena bila ini yang dilakukan maka persoalan yang timbul tidak pernah terselesaikan, bahkan dapat menimbulkan persoalan baru, sebab semua pihak pasti tidak akan mau disalahkan dan akan melemparkan kesalahan kepada pihak lain lagi, sementara persoalan yang utama dibiarkan semakin parah.

Pola berpikir dan bertindak yang dianjurkan adalah:

a. Mengumpulkan informasi yang valid mengenai persoalan yang timbul.

b. Menganalisa penyebabnya berdasarkan informasi tersebut.
c. Menyusun rencana-rencana untuk mengatasinya.

d. Melaksanakan perbaikan dan meneliti hasilnya.

e. Fokus pada proses, dan bukan pada aspek perilaku manusia

Dengan demikian, suasana kerja yang harmonis dan hubungan baik antar individu di dalam perusahaan/ organisasi akan tetap terjaga, dan sudah barang tentu persoalan itu sendiri dapat terselesaikan dengan baik. Dan tempatkan manusia sebagi subject dan bukan object, biang kerok masalah.

Ingat kata Guru mutu, Prof. Deming, bahwa kesalahan dan eror yang terjadi 80% dari faktor management proses dan sisanya 20% dari faktor manusia.

Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA