Selasa, Februari 17, 2015

LEAN SANGAT DIDUKUNG OLEH IT

Dalam implementasi Lean di proses bisnis, salah satu eksekusi perubahan proses adalah mereduksi waktu mulai pesanan/ permintaan datang sampai permintaan diterima. Waktu ini disebut Lead Time.


IT software dan hardware cukup berperan penting dalam melakukan perampingan proses/ menurunkan jumlah tahapan ataupun mengurangi lead time proses.

Misal berkirim surat. Dulu sebelum IT datang mengirim surat ke kota lain butuh waktu 2-3 hari. Sekarang mengirim surat cukup via email. Go green kan? jadi hemat kertas.

Dulu sebelum ada ATM Bersama kita tidak bisa untuk mengakses bank selain bank penerbit ATM kita. Sekarang, ATM bersama sudah banyak, meskipun dikenakan tarif dalam setiap transaksi.

Dalam implementasi Lean, IT sangat berperan dalam menurunkan lead time proses dan bisa jadi menghilangkan proses-proses pengecekan yang tidak perlu. Misal di ATM saat kita akan memasukkan kartu maka layar monitor akan menunjukkan tanda eror jika jaringan bermasalah sehingga kita tidak memasukkan kartu ATM pada mesin yang "mandul".

Namun perlu dicermati selain menurunkan lead time proses maka tujuan Lean adalah menurunkan hal-hal yang tidak menambah nilai dalam proses. Misal:
1. Proses approval
2. Proses searching database
3. Proses checking, dsb.

lean is Better, Faster and Simple.
Makasih IT.

Tidak ada komentar: