Visi Misi Strategy Bersama Pisang Epe Makassar
"Jika anda tidak tahu mau kemana, maka anda tidak akan kemana-mana"
Nah dalam perekrutan karyawan atau pegawai, tantangan terberat dan butuh kelihaian ialah menemukan motiv dia bekerja yang tepatri dalam angan angan terdalamnya serta perilaku/ karakter asli sang karyawan.
Gambar dibawah dari HR Anexi tentang Iceberg Model Competency, dimana nilai-nilai, prespektif, kepercayaan ada didalam lautan atau sulit dilihat.
Pentingnya Visi Misi
Genderang persaingan bisnis usaha juga tak jauh dari pondasi menetapkan visi misi. Dua kata emas ini ibarat peta sasaran mau dibawa kemana bisnisnya. Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.
Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi:
Cara sederhana menetapkan kalimat Visi & Misi ialah:
Visi : Mau jadi apa anda? atau Apa cita-cita anda?
Misi: Mengapa kita ada? atau jika Visi tercapai apa yg akan anda lakukan?
Untuk mewujudkan Visi Misi, maka kemudian ditetapkan strategy bagaimana mencapainya, juga nilai-nilai budaya yang perlu ada untuk standard prilaku.
"Visi Misi : Mau jadi apa anda? Jika sudah tercapai apa yg akan anda lakukan?"
Visi : Menjadi perusahaan perawatan kendaraan terkemuka di Indonesia
Dari sudut Makasar, bersama pisang epek dan gerimis sore hari. Hmmmm.
Reff foto pisang epe: Ngopibareng.id
Disela
sela menikmati "Pisang Epek" makanan khas di Makasar, jari jemari ini
mencoba merenung dan bergumul dengan penglihatan bersama kawan ditemani
secangkir teh hangat. Terkotak suatu gumpalan sesaknya dada melihat
media yang sarat dengan berita korupsi dan kekerasan.
Seseorang akhirnya
di masa depan, menurut para mentor-mentor motivasi ialah dari investasi
perilaku 10 tahun yang lalu. Jadi anda belajar gigih hari ini, bisa jadi panennya nanti 10 tahun kedepan.
Seseorang
menjadi sesuatu, ialah berangkat dari angan angan/ motiv, dari angana
angan muncul cita-cita atau Visi dan membayangkan Misi misi yang akan
dilakukan jika cita cita terengkuh digenggaman. Koruptor pun awalnya juga dari suatu VISI yg terpatri dalam relung pikirannya.
Saya
ingin kaya raya bebas dari kemiskinan, Visi seseorang koruptor. MISI
saya adalah untuk mendapatkan harta yang sebanyak-banyaknya dengan
berbagai cara melalui perluasan jaringan persahabatan dengan semua
rekanan dan aparat.
Sama juga sang tukang Ojek sekalipun disudut traffic light, VISI dia ialah untuk menjadi tukang ojek terlaris yang disukai oleh masyarakat dan MISI nya untuk memberikan pelayanan terbaik melalui sikap yang berbudi luhur, ramah dan menjunjung kejujuran.
Nah dalam perekrutan karyawan atau pegawai, tantangan terberat dan butuh kelihaian ialah menemukan motiv dia bekerja yang tepatri dalam angan angan terdalamnya serta perilaku/ karakter asli sang karyawan.
Gambar dibawah dari HR Anexi tentang Iceberg Model Competency, dimana nilai-nilai, prespektif, kepercayaan ada didalam lautan atau sulit dilihat.
Pentingnya Visi Misi
Genderang persaingan bisnis usaha juga tak jauh dari pondasi menetapkan visi misi. Dua kata emas ini ibarat peta sasaran mau dibawa kemana bisnisnya. Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang.
Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi:
- Berorientasi ke depan
- Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini
- Mengekspresikan kreatifitas
- Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat
- Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini
- Mengekspresikan kreatifitas
- Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat
Cara sederhana menetapkan kalimat Visi & Misi ialah:
Visi : Mau jadi apa anda? atau Apa cita-cita anda?
Misi: Mengapa kita ada? atau jika Visi tercapai apa yg akan anda lakukan?
Visi = menjadi dokter kandungan terbaik se-Probolinggo.
Misi= Apa yang akan dilakukan jika sudah jd dokter kandungan?
1. Memberikan pelayanan terunggul dalam teknik persalinan
2. Memberikan pelayanan gratis bagi Ibu tanpa ayah (bayi yatim)
3. Memberi manfaat informasi kesehatan bagi para Ibu
Untuk mewujudkan Visi Misi, maka kemudian ditetapkan strategy bagaimana mencapainya, juga nilai-nilai budaya yang perlu ada untuk standard prilaku.
Visi yang efektif antara lain harus memiliki karakteristik seperti :
1. Imagible (dapat di bayangkan).
2. Desirable (menarik).
3. Feasible (realities dan dapat dicapai).
4. Focused (jelas).
5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan).
6. Communicable (mudah dipahami).
1. Imagible (dapat di bayangkan).
2. Desirable (menarik).
3. Feasible (realities dan dapat dicapai).
4. Focused (jelas).
5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan).
6. Communicable (mudah dipahami).
Namun dari pengamatan saya pribadi, masih banyak Visi Misi yang kalimatnya berbaur antara kalimat visi dan misi serta strategy.
"Visi Misi : Mau jadi apa anda? Jika sudah tercapai apa yg akan anda lakukan?"
Contoh Visi Misi singkat dan cukup baik:
Visi : Menjadi perusahaan perawatan kendaraan terkemuka di Indonesia
Misi : Memberikan jasa perawatan berkualitas, terdepan dan handal
Strategy : Unggul teknologi, Unggul Pelayanan, Unggul Hubungan pelanggan
Visi : Menjadi galangan yang kualitas terbaik
di Asia dengan pengutamaan ketepatan waktu dan keselamatan kerja.
Misi : Memberi nilai tambah bagi
pelanggan, pemegang saham dan karyawan
Strategy : Superior Safety Management, Quality Management, Operational Excellence & Human Capital Management.
Dari sudut Makasar, bersama pisang epek dan gerimis sore hari. Hmmmm.
Comments