Jabatan Non Value Added

Yang menyumbang hasil akhir makin bermutu, menambah keunggulan mutu, menambah feature dan pelanggan mau menggunakan produk kita maka pekerjaan/ aktifitas itulah yang akan terus bertahan. Apalagi para perusahaan "beragama" Digitalisasi, Lean, TQM ataupun Sixsigma.

Dulu fungsi HR, dengan bagian kepersonaliaannya, kental dengan yg namanya paper work dan inpat input data dan laporan. Demikian juga Finance, dulu gemuk sekarang dah makin ramping, Procurement, Purchasing, Logistics dan warehouse pun tak kalah ikut ikutan ramping. Alias minimum manpower, produktifitasnya naik.

Manufacturing gak ketinggalan dalam pelaksanaan business process re engineering nya, dengan kualitas produk yang makin berkualitas, peran peran pengawas/ supervisi, pengontrol mutu (QC), Teknisi perbaikan, hingga Office boy dan cleaning service pun turut "undur diri" karena jasanya sudah tdk sesuai dengan sistem operasional saat ini.


Menghilangnya penjaga Tol.

Jalan Tol dulu, tiap gerbang tol dijaga 1-2 orang tiap satu pos pintu Tol, ditambah beberapa satuan petugas kemanan atau security. Akhirnya saat ini pun mereka lenyap, sim salabim abrakadabra dengan inovasi teknologi, merekapun"terumahkan". E-Tol aplication merubah segalanya.

Pekerjaan-pekerjaan diatas yang banyak yang termasuk pekerjaan yang tidak menambah value bagi mutu produk.


Jika sudah makin aman.... mengapa butuh security (pengaman)
Jika sudah makin baik.... mengapa butuh pengawas/ supervisor
Jika mutu sudah baik.... mengapa butuh banyak pengendali mutu/ QC.
Jika keadaan sudah terkelola... mengapa butuh banyak Manajer.
Jika resiko keuangan sudah minim... mengapa butuh banyak controller dan auditor.
Jika sudah digital interkoneksi... mengapa butuh banyak petugas administrasi
Jika sudah bersih... mengapa banyak petugas kebersihan.


Transportir, mutu barang tidak akan berubah jika diangkut atau dibawa kan. Singkong dibawa oleh mobil dari surabaya ke malang tidak akan berubah jadi singkong keju kan. Maka Transportation terus dikaji dan dikurangi.

Menyimpan barang, mutu barang tidak akan berubah jika kita simpan.
Uang 500,- disimpan di almari, setahun lamanya tidak akan berubah menjadi Dinar (Koin emas). Maka penyimpanan pun dikurangi sampai batas sewajarnya atau batas aman. Ibarat Tidur, makin lama tidur tidak membuat mutu badan makin sehat, namun tidur sesuai standard, 6-8 Jamlah yg sesuai.

Nah kawan...
Pekerjaan yang "jumlah orang" bisa dikurangi bahkan sirna ialah:
Pengawas/ supervisor
Pencatat/ admin
Pendokumentasi/ admin
Pengecek/ inspeksi
Penyortir / inspeksi
Pemeriksa/ audit
Pengaman/ security
Pengangkut/ transportir
Pemindah
Pembersih
Pencocok/ tukang nyocokin

Pekerjaan kebalikan dari NVA ialah pekerjaan Value Added.
Pembangun
Perancang

Pengubah
Pendorong
Pengajar
Pembimbing
Perancang
Penasehat
Pencerah
Peramu
Penulis karya
Pembentuk
dan lain lain

Berbahagialah bagi anda oleh Tuhan diberikan kemampuan pada jajaran Value Added. Dan bagi para profesional/pekerja pada bagian Non Value Added, kembangkan karya anda untuk menjadi pencerah bagi orang sekitar dan pemberi manfaat bagi semua mahluk dan biarkan semua alam semesta mencatat karya baik anda. Gak usah khawatir, dunia ini tak se ideal yang kita harapkan. Anda masih sangat dibutuhkan.
Tetap semangat!


Comments

Popular posts from this blog

5W2H method - Sebelum melangkah ke solusi perbaikan

20 JENIS KOMPETENSI - SPENCER & SPENCER

MENGENAL ASSERTIVE SECARA SEDERHANA