Metoda 5W2H adalah metode terstruktur, sebagai alat bantu memunculkan ide-ide dengan menggunakan serangkaian pertanyaan yang terkait dengan permasalahan atau tujuan yang ditetapkan. Alat bantu ini mendorong tim untuk memperhatikan dan menanyakan setiap aspek dari ssuatu masalah atau tujuan yang akan diselesaikan. Rangkaian pertanyaan 5W2H ialah: 1. Apa (what). 2. Kapan (when). 3. Di mana (where). 4. Siapa (who). 5. Mengapa (why). 6. Bagaimana (how). 7. Berapa biayanya (how much). Metode ini dapat di aplikasikan dalam aktifitas: Menguji dan menanyakan suatu proses atau produk yang ditujukan untuk memunculkan ide-ide improvement. Menemukan potensi masalah atau peluang-peluang baru Mendampingi tim dalam memunculkan ide-ide Mengevaluasi semua isu-isu dan sebab masalah Kita tahu dalam aktifitas problem solving tim terstruktur secara umum terdiri dari tahapan: Penentuan permasalahan atau tujuan Mengumpulkan data & memetakan kondisi/situasi Menemukan penyebab atau peluang...
Sebagai rujukan membangun/ menetapkan kompetensi karyawan, sumber dari Spencer&Spencer bisa jadi rujukan. Adai dua puluh jenis kompetensi, selanjutnya pilih mana yang cocok dalam mendukung visi misi dan budaya organisasi anda. Tapi masalahnya sering terjadi, Visi - Misi organisasi sering "kabur" malah mungkin tidak ada, apalagi nilai-nilai organisasi yang dipercaya (Values) dideklarasikan untuk di anut sering tidak ada. Mungkin ada tetapi hanya dalam laci-laci pimpinan puncak saja. 20 generic competencies dari Competence at Work, Spencer & Spencer 1993): Achievement orientation, (ACH) Concern for order, (CO) Initiative, (INT) Information seeking, (INFO) Interpersonal understanding, (IU) Customer service orientation, (CSO) Impact and influence, (IMP) Organizational awareness, (OA) Relationship building, (RB) Developing others, (DEV) Directiveness, (DIR) Teamwork, (TW) Team Leadership, (TL) Analitical thinking, (AT) Conceptual thinking, (CT) Experti...
Sedikit berbagi lagi tentang metode meeting/ rapat agar semakin efektif. Salah satu cara membangun ide para warga yang hadir dalam meeting ialah menggunakan tools SSCC. Ialah kepanjangan dari Start Stop Continue Change. Misalkan kita akan membahas suatu proses pekerjaan yang sedang kita review, tujuannya ialah semangat untuk melakukan perubahan proses lebih baik demi mencapai tujuan. Ingat formula Y=f(Xn), "proses yang benar tidak akan mengkhianati hasil", mencapai hasil dimulai dengan menentukan proses/ tindakan terbaik dan bukan "meributkan hasil atau output". Penjelasan dari SSCC ialah: Start : Apa yang harus kita adakan/ kita mulai Stop : Apa yang haris kita hentikan/ tidak kita jalankan lagi Continue : Apa yang harus kita terus lakukan/ terus di adakan Change : Apa yang harus kita rubah, perbesar, perkecil, dibalik, dihilangkan dll Cara penggunaan metode ini ialah: 1. Siapkan flipchart dan kertas post it note 4 warna. Merah, kuning, hijau biru...
Comments