Jumat, November 25, 2011

DEFINISI VISI DAN MISI

"Jika anda tidak tahu mau kemana, maka anda tidak akan kemana-mana"

Visi Misi Seorang Tukang Ojek:

VISI saya ialah untuk menjadi tukang ojek terlaris yang disukai oleh masyarakat dan MISI saya ada untuk memberikan pelayanan terbaik melalui sikap tukang ojek yang berbudi luhur, ramah dan menjunjung kejujuran.

Visi Misi Seorang Koruptor:

VISI saya ialah menjadi Koruptor yang paling ditakuti dan dilindungi oleh seluruh rekanan dan aparat penegak hukum dan MISI saya adalah untuk mendapatkan harta yang sebanyak-banyaknya dengan berbagai cara melalui perluasan jaringan persahabatan dengan semua rekanan dan aparat.

Visi Misi ibarat peta sasaran mau dibawa kemana anda. Visi adalah suatu pandangan jauh tentang perusahaan, tujuan - tujuan perusahaan dan apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut pada masa yang akan datang. Visi itu tidak dapat dituliskan secara lebih jelas menerangkan detail gambaran sistem yang ditujunya, dikarenakan perubahan ilmu serta situasi yang sulit diprediksi selama masa yang panjang tersebut. Beberapa persyaratan yang hendaknya dipenuhi oleh suatu pernyataan visi:

- Berorientasi ke depan
- Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini
- Mengekspresikan kreatifitas
- Berdasar pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat


Visi : Mau jadi apa anda? atau Apa cita-cita anda?
Misi: Apa yang harus dilakukan untuk menggapai visi? Mengapa kita ada?

Visi yang efektif antara lain harus memiliki karakteristik seperti :
1. Imagible (dapat di bayangkan).
2. Desirable (menarik).
3. Feasible (realities dan dapat dicapai).
4. Focused (jelas).
5. Flexible (aspiratif dan responsif terhadap perubahan lingkungan).
6. Communicable (mudah dipahami).

Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi. Misi perusahaan adalah tujuan dan alasan mengapa perusahaan itu ada. Misi juga akan memberikan arah sekaligus batasan proses pencapaian tujuan.

Tidak ada komentar: